Galih Prasetyo
Zainudin Amali, Erick Thohir, dan Ratu Tisha. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pengamat sepak bola Yusuf Kurniawan atau yang akrap disapa bung Yuke menyebut bahwa terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua umum PSSI dan Zainudin Amali serta Ratu Tisha sebagai wakil ketum PSSI merupakan 'settingan negara'

Pada potongan video di laman media sosial Tiktok, Yuke menyebut bahwa Erick Thohir, Zainudin Amali dan Ratu Tisha sebagai settingan negara.

"Soalnya gini, kalau gue lihat settingannya ini settingan jadi. "Ini settingan Istana". Ketua umumnya Erick Thohir, wakilnya pak (Zainuddin) Amali, sama Ratu Tisha," ucap Yuke seperti dilihat dari video akun Tiktok coachdonzol.

Baca Juga:
Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Media Italia: Dia Adalah Mesin Kampanye Joko Widodo

"Ini 'settingan istana', itu kan analisi umumkan. Karena sangat kentara gitu. Jadi lo bayangin kalau 'settingan negara' ini gagal," lanjutnya.

 

Video di Tikok ini sendiri merupakan potongan video dari tayangan kanal Youtube Skor Indonesia dengan judul, "Peluang Erick Thohir vs La Nyalla di Kongres PSSI || Kasus Manchester City di Liga Inggris," yang tayang 7 hari lalu.

Baca Juga:
Postingan Erick Thohir Jadi Nyinyiran Netizen Gegara Ada Penampakan Yunus Nusi

Potongan video di Tiktok ini pun mendapat banyak respon dari para warganet. Ada yang pro dengan pernyataan Yuke ini, namun banyak juga yang kontra.

"maksud dia tuh kalo settingan istana aja gagal, berarti mafia di PSSI kuatnya lebih dari kerajaan .. misal, kalo la Nyalla yg menang," tulis salah satu pengguna akun Tiktok.

"menurut gw sih gak masalah mau setingan istana... justru kalo setingan istana brarti pak jokowi ingin konsen ke sepakbola melalui menterinya," sambung akun lainnya.

Baca Juga:
Terpilih Jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Dapat Ucapan Selamat dari FIFA

Erick Thohir menjadi ketua umum PSSI lewat Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung kemarin, Kamis 16 Februari 2023.

Eks presiden Inter Milan itu jadi ketum PSSI setelah mengalahkan pesaing utamanya, La Nyalla Mattalitti.

Sementara itu, pada proses pemilihan wakil ketua umum PSSI seperti diketahui diwarnai hal kontroversial bahkan sampai diulang dua kali.

Baca Juga:
Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI, Media Vietnam Ungkit Pesan Presiden Jokowi

Awalnya, Menpora Zainudin Amali dan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027. Zainudin Amali meraih 66 suara dari voter.

Yunus Nusi mendapatkan 63 suara, sementara calon lain yaitu Sekjen PSSI 2017-2020, Ratu Tisha Destria gagal menjadi wakil ketua umum karena meraih hanya 41 suara.

Namun putusan ini kemudian mendatangkan protes. Sejumlah voter tuding ada suara untuk beberapa calon seperti Ratu Tisha, Ahmad Syauqi Suratno dan Ahmad Riyadh yang tidak dihitung.

Akhirnya, sesuai kesepakatan, pemilihan diulang dengan hasil Ratu Tisha mendapatkan 54 suara dan Yunus Nusi meraih 53 suara. Menpora Zainudin Amali hanya menduduki peringkat ketiga suara terbanyak dengan 44 suara.

Akan tetapi Yunus Nusi memilih untuk mundur dan akhirnya wakil ketua umum diisi oleh Ratu Tisha dan Menpora Zainuddin Amali.