Rauhanda Riyantama
Aditya saat bermain di Persib Bandung U-17. (Instagram)

Gol.bolatimes.com - Melihat kisah pedih seorang Aditya, mantan pemain Persib Bandung yang kehilangan satu kaki karena amputasi akibat tekel parah yang diterimanya.

Persib merupakan salah satu klub profesional Tanah Air yang banyak melahirkan bakat-bakat muda, terutama di kawasan Jawa Barat.

Salah satu bakat muda yang dimiliki Persib adalah Aditya Permana. Ia merupakan pemain didikan akademi klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

Baca Juga:
Hasil Turnamen Mini: Timnas Indonesia Menang Telak 4-0 atas Fiji

Namun Aditya tak bisa mengikuti jejak rekan-rekannya yang berhasil menembus tim senior atau kancah profesional di Tanah Air.

Pasalnya, pria kelahiran Palembang 15 Juni 1997 ini harus kehilangan salah satu kakinya akibat cedera patah kaki yang diterimanya.

Parahnya, cedera ini didapatkannya di sebuah laga uji coba. Bukan bersama Persib, melainkan saat dirinya bersiap mengikuti turnamen antar kampus.

Baca Juga:
5 Fakta Unik KLB PSSI, dari Ratu Tisha Kembali Duduki Jabatan hingga Drama Yunus Nusi Mundur

Dalam laga uji coba itu, Aditya mengalami cedera patah kaki akibat dijegal oleh kiper lawan, yang berujung pada amputasi.

Amputasi ini pun menjadi pilihan terakhir Aditya dan tim medis, setelah cederanya bertambah parah karena keputusannya yang memilih pengobatan tradisional dan bukan operasi seperti yang dianjurkan.

“Waktu itu ada persiapan tim kampus, saya bertanding dan kaki saya ditekel kiper,” buka Aditya dikutip dari kanal YouTube Republik Bobotoh TV.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Negara Fiji, Negara dengan Populasi Mini yang Jadi Lawan Timnas Indonesia U-20 di Turnamen Mini

“Saat itu saya sempat berobat ke ahli tulang dan diminta langsung operasi. Tapi Bapak bilang untuk tidak operasi karena tidak ada biaya. Jadi saya disuruh ke Cimande (pijat patah tulang).”

“Ternyata kondisi kaki saya sudah parah. Saat coba disembuhkan, kaki saya sudah tidak terasa apa-apa lagi,” lanjutnya.

Baca Juga:
Profil Muhammad Sungkar, CEO Putra Delta Sidoarjo yang Jadi Exco PSSI Termuda di Periode 2023-2027

Alhasil, Aditya pun diamputasi. Bak jatuh tertimpa tangga, pasca diamputasi, sang ayah meninggal dunia yang membuatnya kian kebingungan.

Namun Aditya tak menyerah begitu saja dan kemudian mencoba peruntungan dari sepak bola amputasi, untuk melanjutkan kariernya di lapangan hijau.

Aditya kemudian bergabung INAF atau perkumpulan sepak bola amputasi, di mana ia mulai beradaptasi dengan bermain menggunakan tongkat.

Karena talentanya, Aditya kini pun menjadi bagian penting INAF dan kerap dipanggil ke Timnas Amputasi Indonesia saat berlaga.

Salah satunya kala ia berhasil membawa Timnas Amputasi Indonesia lolos ke Piala Dunia Amputasi yang digelar pada tahun 2022 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya