Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Jelang gelaran Piala Asia U-20 2023, sejumlah pemain timnas Indonesia U-20 digadang-gadang bakal bersinar terang dalam turnamen bergengsi yang digelar di Uzbekistan.

Persiapan berupa pemusatan latihan (TC) sudah dilakoni para pemain timnas Indonesia U-20 sejak awal Februari 2023 lalu.

Sejumlah pertandingan juga akan dijalani, termasuk tiga di antaranya di Turnamen Internasional 2023 gagasan Menpora, Zainudin Amali.

Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Fiji, Guatemala dan Selandia Baru meski sejumlah pemain bintang dipastikan absen dalam turnamen ini.

Terlepas dari itu skuad asuhan Shin Tae-yong memiliki sederet pemain spesial dengan potensi bersinar di turnamen utama terdekat, Piala Asia U-20 2023.

Lantas siapa saja para pemain yang dimaksud? berikut enam pemain timnas Indonesia U-20 yang diprediksi bersinar di Piala Asia U-20 2023.

1. Cahya Surpiadi

Berposisi sebagai kiper, performa Cahya Supriadi saat ini tengah menanjak seiring kepercayaan para pelatih top yang diberikan kepadanya.

Meski masih harus bersaing dengan Erlangga Setyo dan Aditya Arya, kiper Persija Jakarta itu tetap diunggulkan dan bakal bersinar di Piala Asia U-20 2023.

Sang pemain belum pernah tampil di Liga 1 2022, mengingat posisi Andritany yang memang sangat sulit digeser atau digantikan pemain lain.

Namun Cahya merupakan pemain langganan yang sering dibawa Shin Tae-yong, bahkan saking spesialnya Thomas Doll selaku pelatih Persija enggan melepas sang pemain ke pemusatan latihan timnas.

2. Muhammad Ferrari

Masa depan Persija seolah sudah terjamin, selain dari posisi kiper, bek tengah jempolan calon bintang juga sudah diamankan dalam sosok Muhammad Ferrari.

Masih bersaing di level klub, namun tempat utama di skuad timnas Indonesia U-20 sudah menjadi miliknya, bahkan sosoknya menyandang status kapten tim.

Ferrari merupakan pemain yang rajin tampil di Liga 1 2022 meski statusnya masih pemain muda, total 17 kali dengan enam cleansheet dan torehan dua gol.

Sama seperti Cahya, Thomas Doll juga enggan melepas Ferrari ke pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023.

3. Robi Darwis

Namanya melejit sejak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Robi bahkan selalu diturunkan sejak menit awal selama gelaran tersebut.

Kepercayaan Shin Tae-yong yang dibayar lunas olehnya, Robi juga merupakan pemain fungsional dan mampu mengisi beberapa posisi.

Berposisi asli sebagai gelandang tengah, namun kualitasnya membuat Robi mampu ditempatkan sebagai bek tengah maupun bek sayap.

Tak heran namanya menjadi salah satu pemain yang layak bersinar di Piala Asia U-20 2023.

4. Marselino Ferdinan

Merupakan pemain paling menonjol di timnas kelompol umur, karena kualitasnya juga Marselino berhasil menembus skuad utama di timnas senior.

Performanya yang konsisten juga berdampak pada karier klub, Persebaya Surabaya sangat beruntung memiliki pemain sepertinya.

Meski baru tampil tujuh kali di Liga 1 2022, Marselino lebih disibukkan dengan agenda timnas Indonesia, baik kelompok umur maupun senior.

Namun dari tujuh laga itu Marselino berhasil mencatatkan tujuh gol dan satu assist, di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Tanah Air.

5. Ronaldo Kwateh

Sama seperti Marselino, Ronaldo Kwateh merupakan pemain menonjol di level klub maupun tim nasional kelompok umur.

Baru-baru ini Ronaldo Kwateh melebarkan kariernya ke Eropa usai resmi bergabung dengan salah satu klub Liga Turki, Bodrumspor.

Tak lama setelah Marselino hijrah ke Liga Belgia, anak legenda sepak bola Roberto Kwateh itu hanya tinggal menunggu waktu bersinar di Piala Asia U-20 2023.

6. Hokky Caraka

Hokky termasuk pemain muda dengan penampilan reguler di Liga 1 2022 bersama PSS Sleman, sebanyak 10 laga di musim ini.

Kualitasnya juga membawa Hokky masuk skuad timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong yang diproyeksikan tampil di Piala Asia U-20 2023.

Namanya melejit setelah rajin mencetak gol bersama timnas, apalagi saat melibas Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022 lalu.

Hokky diklaim memilik DNA seorang striker murni penerus legenda sepak bola Tanah Air, Bambang Pamungkas.

Kontributor: Eko