Husna Rahmayunita
Muhammad Ferrari cetak satu gol saat Timnas Indonesia U-20 kalah tipis lawan Selandia Baru U-20 dengan skor 1-2. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 mengungkap alasan dirinya menurunkan Muhammad Ferrari pada laga kontra Selandia Baru di Turnamen Mini Internasional yang digelar di SUGBK, Minggu (19/2/2023).

Shin Tae-yong memainkan Muhammad Ferrari yang baru bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 karena percaya penggawa Persija Jakarta aktif berkompetisi dengan klubnya.

Pada pertandingan melawan Selandia Baru, Ferrari dimainkan sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Shin Tae-yong merasa karena Ferrari rutin bermain di Liga Indonesia, maka tidak masalah saat pemain bertahan tersebut langsung dimainkan.

"Kalau Ferrari memang bermain di kompetisi juga ya, jadi kondisi Ferrari pun baik. Jadi walaupun terlambat bergabung ke timnas, tapi saya mau melihat apakah Ferrari bisa membawa lini pertahanan dengan organisasi yang baik atau tidak," ucap Shin Tae-yong pascalaga seperti dikutip dari Antara.

Diketahui, Muhammad Ferrari menjadi pemain terakhir Persija Jakarta yang dilepas ke TC Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023..

Sebelumnya, pihak Persija Jakarta mengkritisi pemanggilan sembilan pemainnya ke TC Timnas Indonesia U-20 lantaran dibutuhkan klub untuk kompetisi BRI Liga 1.

Bahkan sempat muncul protes keras yang dilayangkan oleh juru taktik Persija Jakarta Thomas Doll ke Shin Tae-yong terkait TC jangka panjang yang dinilai tak efektif.

Hingga pada akhirnya, Persija Jakarta melepas para pemainnya secara bertahap ke TC Timnas U-20 dan Muhammad Ferrari menjadi nama terakhir yang direlakan Tim Macan Kemayoran.

Meski baru bergabung ke TC, pemain berusia 19 tahun itu langsung gacor dengan mencetak satu gol untuk Timnas U-20 ketika menghadapi Selandia Baru.