Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Selandia Baru U-20 Jay Joshua Herdman. (dok.whitecapsfc.com)

Gol.bolatimes.com - Gelandang serang Timnas Selandia Baru U-20, Jay Joshua Herdman, sukses menjadi salah satu pencetak gol ke gawang Timnas Indonesia U-20 pada laga lanjutan Turnamen Mini Internasional 2023.

Jay Joshua Herdman sukses mengoyak jala gawang Timnas Indonesia U-20 setelah memanfaatkan umpan matang dari penyerang Timnas Selandia Baru U-20, Liver Colloty.

Gol yang tercipta pada menit ke-70 ini berawal dari kesalahan bek Timnas Indonesia U-20, Sulthan Zaky, saat mengoper bola ke area tengah lapangan.

Operan pemain asal PSM Makassar Youth itu sukses diintersep oleh pemain Selandia Baru U-20 sebelum akhirnya ia mengirimkan bola terobosan kepada Olivier Colloty.

Selain satu gol yang dicatatkan oleh Jay Joshua Herdman itu, satu gol lainnya diciptakan oleh Olver Colloty. Adapun satu-satunya gol Timnas Indonesia U-20 berasal dari Muhammad Ferarri pada masa injury time.

Dengan hasil ini, Jay Joshua Herdman sukses membawa Selandia Baru menang tipis dengan skor 2-1 atas Timnas Indonesia U-20.

Profil Jay Joshua Herdman

Jay Joshua Herdman merupakan pesepak bola yang berasal dari Invercargill, Selandia Baru. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tercatat lahir pada 14 Agustus 2004.

Awal mula perjalanan kariernya di dunia sepak bola bermula bersama sejumlah tim akademi, mulai dari Hibiscus Coast, Surrey United SC, hingga Vancouver Whitecaps FC.

Sebagai informasi, Vancouver Whitecaps FC merupakan klub sepak bola asal Kanada. Sejak masih berusia 13 tahun, Herdman sudah berlatih di sana.

Saat usianya menginjak 17 tahun, Herdman pun mendapatkan kontrak pertamanya dari Vancouver Whitecaps FC 2, tepatnya pada Maret 2022.

Beberapa hari setelah meneken kontrak profesionalnya itu, Herdman mendapat kesempatan debut untuk menghadapi Houston Dynam 2.

Sejatinya, Jay Joshua Herdman bisa memperkuat tiga negara, yakni Selandia Baru sebagai tanah kelahirannya, Inggris dari garis keturunan orang tuanya, dan Kanada dari residensi.

Pasalnya, Herdman sudah tinggal dan menetap cukup lama di Kanada. Bahkan, pada April 2022, ia sudah mendapat panggilan dari Timnas Kanada U-20 pada laga uji coba kontra Kosta Rika. 

Akan tetapi, Herdman akhirnya memilih kewarganegaraan Selandia Baru sebagai tanah kelahirannya. Dia bahkan mendapat panggilan ketika timnya menghadapi Piala Oseania U-19 2022.

Jay Joshua Herdman adalah salah satu pemain yang ikut membantu Selandia Baru U-20 menjuarai Piala Oseania U-19 2022 untuk menembus Piala Dunia U-20 2023.

Bahkan, pemain berusia 18 tahun ini juga berhasil merebut penghargaan individu, yakni sebagai pemain terbaik Piala Oseania U-19 2022.

Kontributor: M Faiz Alfarizie