Husna Rahmayunita
Jason Pendant, Eks Timnas Prancis yang Ngebet Dinaturalisasi Vietnam. (Instagram/@jason_pendant)

Gol.bolatimes.com - Jason Pendant muncul sebagai salah satu nama calon pemain yang akan dinaturalisasi oleh Timnas Vietnam. Sosoknya jadi perbincangan belakangan ini.

Media Vietnam, Soha.vn, memberi kabar naturalisasi Jason Pendant. Disebutkan bahwa pemain berusia 26 tahun itu juga sangat tertarik untuk membela Timnas Vietnam di masa depan. Bahkan kabar ini sebetulnya sudah berembus sejak 2019 lalu.

Saat itu Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) melakukan pendekatan kepadanya. Hal ini kemudian disambut baik olehnya dan mengaku tertarik membela Vietnam di masa mendatang.

"Masih (keinginan untuk memperkuat Timnas Vietnam) saya sedang dalam proses mengajukan paspor Vietnam tetapi akan memakan waktu," ujar Jason dikutip dari laman Soha.vn.

"Saya juga telah belajar bahasa Vietnam selama beberapa tahun. Saya mempekerjakan seorang guru privat dan telah menggunakannya sejak saat itu."

Lantas, siapa sebetulnya Jason Pendant ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jason Pendant

Sosok dengan nama lengkap Jason Quang-Vinh Pendant ini lahir di Kota Sarcelles, Prancis, pada 9 Februari 1997. Ia biasa beroperasi sebagai bek kiri.

Awal karier sepak bolanya dimulai dengan bergabung bersama akademi lokal Sarcelles AAS, kemudian ia masuk ke akademi Sochaux pada 2011 hingga 2016.

Pada 2014, Pendant sudah masuk ke dalam skuad tim kedua Sochaux, lalu debut di tim utama Sochaux pada 2016. Selama empat tahun di Sochaux, Pendant total memainkan 75 laga di semua ajang dengan torehan satu gol.

Saat kariernya tengah menanjak dan mendapat kesempatan di Prancis, ia membuat keputusan mengejutkan dengan bergabung ke klub MLS Amerika Serikat, New York Red Bulls.

Namun Jason Pendant jarang mendapat kesempatan bahkan sempat bermain di tim kedua New York RB. Setelah hanya memainkan 29 laga di semua ajang buat New York RB, ia memutuskan pulang ke Prancis.

Jason Pendant bergabung dengan klub Ligue 2, Quevilly Rouen, pada Juli tahun lalu. Keputusannya pun tepat karena Jason Pendant sudah mencatatkan 21 laga di Ligue 2 dengan torehan satu assist.

Di level tim nasional, Jason Pendant termasuk menjadi pemain yang diandalkan di kelompok umur Prancis. Ia sempat membelaTimnas Prancis U-16 dan Prancis U-18.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha