Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas U-20 Shin Tae Yong (kiri) menjawab pertanyaan para pewarta setelah pertandingan persahabatan melawan Selandia Baru yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/2/2023). (ANTARA/Rauf Adipati)

Gol.bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia U-20 masih terkendala dengan penyelesaian akhir atau finishing seperti senior mereka. Hal itu terlihat di laga terakhirnya saat kalah dari Timnas Selandia Baru U-20 pada turnamen mini internasional, Minggu (19/2/2023).

Shin Tae-yong memikul tugas berat yang kerap menghantuinya untuk menyelesaikan problem ini dari tahun ke tahun. Meski begitu, sebelum Piala Asia U-20 2023 bergulir, dirinya masih punya waktu untuk menyelesaikan kekurangan itu.

Indonesia tampil bagus di awal laga turnamen mini internasional menghadapi Fiji U-20. Skuad Garuda Nusantara menang 4-0.

Baca Juga:
Polemik Wout Weghorst di MU, Belum Cetak Gol justru Bikin Dua Kubu di Kalangan Suporter

Namun di laga kedua, Indonesia kalah 2-1 dari Selandia Baru U-20. Satu gol Indonesia diciptakan Muhammad Ferarri yang baru dilepas Persija Jakarta ke Timnas Indonesia.

Seharusnya, Indonesia bisa menang dalam laga tersebut. Sedikitnya terdapat dua peluang emas yang bisa jadi gol. Pertama dari kaki Arkhan Fikri dan satu lagi dari Frengky Missa.

Shin Tae-yong juga sudah membuat menu latihan khusus untuk mengasah kemampuan pemain terutama dalam finishing.

Baca Juga:
Elkan Baggott Wajib Waspada, Kiper Filipina Curhat dapat Perlakuan Tak Mengenakkan di Liga Inggris

"Pemusatan latihan ini juga selalu ada sesi latihan untuk finishing karena memang sangat kurang," terang Shin Tae-yong, Senin (20/20/2023).

Shin Tae-yong sebenarnya juga sudah sering membat latihan itu, di setiap Timnas Indonesia baik kelompok umur atau senior. Sehingga satu-satunya cara adalah melatih kemampuan anak asuhnya terkait penyelesaian akhir.

"Saya dan pemain berusaha semaksimal mungkin. Kita perbaiki itu karena memang harus ada usaha besar, tak ada solusi lain," terang dia.

Baca Juga:
Tumbang dari Selandia Baru U-20, Kakang Rudianto Soroti 2 Hal yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia U-20

Indonesia U-20 akan menjalani satu laga di pertandingan persahabatan empat negara ini. Skuad Garuda tinggal menyisakan pertandingan menghadapi Guatemala U-20 pada Selasa (21/2/2023).

Arkhan Fikri dkk memang harus menunjukkan kualitas bermainnya di laga persahabatan itu. Bukan tanpa alasan, setidaknya mereka mendapat atmosfer pertandingan saat mengahdapi lawan yang memiliki kualitas lebih besar sebelum Piala Asia U-20 bergulir.