Gagah Radhitya Widiaseno
Latihan Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons. (Instagram/jeonnamdragons_fc)

Gol.bolatimes.com - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mendapatkan pujian dari media Vietnam, Soha.vn. Mereka menyebut kalau eks pemain PSM Makassar tersebut sebagai bek sayap terbaik di ASEAN.

Asnawi Mangkualam yang kini berada di salah satu klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons menjadi salah satu pemain ASEAN pertama yang berkarir di Negeri Gingseng tersebut.

Ia pun kini menjadi kiblat beberapa pemain ASEAN lainnya. Sebut saja Van Toan (Seoul E-Land), Vu Minh Hieu dan Nguyen Canh Anh (Cheonan City), dan Kogileswaran Raj (Chungbuk Cheongju).

Baca Juga:
3 Alasan Ronaldo Kwateh Bisa Kalah dari Hugo Samir di Timnas Indonesia U-20

Mereka tertarik menjajal Liga Korea Selatan berkat Asnawi Mangkualam. Hal ini ternyata membuat salah satu media Vietnam, Soha.vn memberikan pujian untuknya.

Mereka menyebut Asnawi sebagai salah satu bek sayap terbaik di Asia Tenggara dan berpotensi bermain di K-League 1.

"Di antara yang sudah mengukuhkan namanya di divisi kedua sepak bola Korea Selatan adalah Asnawi Mangkualam."

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Pusingnya Shin Tae-yong Datangkan Tiga Pemain Naturalisasi yang Tak Kunjung Dapat Lampu Hijau

"Saat ini, ia sedang dievaluasi sebagai salah satu bek sayap terbaik di Asia Tenggara dan bisa naik ke K-League 1 di masa depan," tulis Soha.

Pengalamannya di Liga Korea Selatan ini ternyata membuat dirinya diminta media Vietnam tersebut membantu Van Toan untuk beradaptasi di Korea Selatan.

Pemain timnas Vietnam Nguyen van Toan (kanan) saat merayakan golnya kegawang Suriah pada babak Putra Perempatfinal di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/08). (ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie)

"Sebagai pemain langka Asia Tenggara yang sukses bermain di Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir, dukungan dari Asnawi dapat banyak membantu Van Toan dalam berintegrasi ke dalam lingkungan sepak bola serta kehidupan di luar lapangan," tulis Soha.

Baca Juga:
Hasil Rakernas, Federasi Renang Indonesia akan Ubah Logo dan Nama

Van Toan sendiri memang baru saja pindah ke klub Liga Korea Selatan, Seoul E Land FC pada Januari 2023.