Arif Budi Setyanto
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Gol.bolatimes.com - Pelatih timnas Malaysia, Kim Pan-gon ikut bersuara terkait rencana Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang ingin mengirim pemainnya ke Eropa. Pelatih asal Korea Selatan itu, meminta federasi untuk berhati-hati.

Agenda FAM berniat mengirim pemainnya ke Eropa diungkapkan oleh sang presiden, Datuk Hamidin Mohd Amin. Hal ini demi menigkatkan kualitas timnas Harimau Malaya.

"Saya memang ada rencana ke arah itu (mengirim pemain ke Eropa) dan kita akan usaha untuk menjalin kerjasama dengan negara-negara yang akan menyediakan tempat kepada pemain muda kita berkembang di luar sana," ucap Presiden FAM.

Baca Juga:
Fakta-fakta Menarik Pieter Huistra, Legenda Rangers hingga Eks Pelatih Timnas Indonesia

Akan tetapi, Kim Pan-gon mengatakan rencana ini perlu dimatangkan lagi. Pasalnya bisa merugikan sang pemain jika yang bersangkutan tidak punya minat.

"Saya tahu setiap Persatuan Sepak Bola negara contohnya seperti Korea dan Jepang ingin mengantar banyak pemain ke Eropa," ucap Kim Pan-gon dikutip dari Makanbola, Rabu (22/2/2023).

"Kita harus berhati-hati dan perlu melihat pemain itu sebenarnya sudah bersedia atau tidak untuk ke Eripa. Sekiranya kita kirim pemain dan mereka tidak mendapatkan kesempatan yang baik, mereka bisa tersiksa," imbuhnya.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Hal yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia U-20 usai Dibungkam Guatemala

Sementara itu, kini ada beberapa pemain Malaysia yang berkarier di luar negeri. Salah satunya yang meniti jalan ke Eropa adalah Luqman Hakim bersama KV Kortrijk yang masih dipinjamkan ke Njardvik.

Sebagian pemain dari skuad Harimau Malaya juga berkarier di luar negeri, tapi masih di kawasan Asia, yakni Dion Cools, Safawi Rasid, Nazmi Faiz, Hadi Fayyadh, dan Raj Kogileswaran.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Turnamen Mini Internasional 2023: Guatemala di Puncak, Timnas Indonesia U-20 Peringkat Ketiga