Irwan Febri Rialdi
Ketum PSSI periode 2023-2027, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Erick Thohir mendapat sorotan setelah rangkap jabatan usai terpiilih sebagai Ketum PSSI periode 2023-2027. Namun, mantan Presiden Inter Milan itu sebenarnya bukan satu-satunya.

Banyak menteri di Kabinet Joko Widodo atau Jokowi yang juga nyambi di federasi olahraga. Hal ini malah sudah terjadi sebelum Erick Thohir menjadi Ketum PSSI.

Berikut para Menteri pendahulu Erick Thohir yang lebih dulu merangkap jabatan ketum federasi di dunia olahraga:

1. Basuki Hadimuljono

Selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono juga merangkap sebagai Ketum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI)

Tepilihnya Basuki sebagai Ketum PB PODSI secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) PB PODSI pada 2021 lalu dan akan menjabat sampai 2025.

2. Luhut Binsar Panjdaitan

Selain menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Maritim), Luhut juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Sosoknya terpilih menggantikan Bob Hasan secara aklamasi pada Munas Virtual pada 2021 dan akan menjabat hingga 2025 mendatang.

3. Airlangga Hartanto

Airlangga saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI).

Status tersebut baru saja didapat Airlangga dalam Munas PB WI pada Januari 2023 lalu, jabatan itu akan diemban hingga 2026 mendatang.

4. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga merupakan salah satu orang penting dalam kerberlangsungan olahraga di Indonesia, khususnya Pencak Silat.

Sebelum diangkat menjadi Menteri, Prabowo dikenal sebagai Ketum Pengurus Besar Pencak Silat (PB IPSI), status tersebut masih akan disandang hingga 2026 mendatang.

5. Hadi Tjahjanto

Menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang sejak Juni 2022 lalu, mantan Panglima TNI ini juga menjabat sebagai Ketum Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI).

Posisi yang bahkan lebih dulu diemban sejak 2019 lalu sebelum diangkat menjadi Menteri, posisinya sebagai Ketum Forki masih akan berlanjut sampai 2023 mendatang.

6. Erick Thohir

Seperti yang dijelaskan di atas, Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketum PSSI periode 2023-2027, diikuti Menpora Zainudin Amali.

Politisi partai Golkat itu ikut-ikutan masuk ke PSSI sebagai wakil ketua umum, sederet drama dalam pemilihan umum warnai kehadirannya.

Berbeda dengan Erick Thohir yang mampu unggul telak atas pesaingnya, La Nyalla Mattalitti dalam perebutan kursi PSSI 1.

Sederet 'bala bantuan' membawa Zainudin menuju ke kursi kedua orang penting di PSSI, mulai dari mundurnya Yunus Nusi.

Kemudian peraturan yang membuat Ratu Tisha lengser dari kursi Waketum 1, meski terkesan janggal namun kenyataan demikian.

(Suara.com/Pebriansyah Ariefana)