Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon mengatakan Harimau Malaya pernah mengajukan tawaran kepada Korea Selatan untuk menjalani laga uji coba. Langkah itu, bisa ditiru Shin Tae-yong agar timnas Indonesia punya lawan kuat jika tim Taeguk Warriors bersedia.

Kim Pan-gon berniat menghubungi negara kuat untuk bertanding lawan Malaysia. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitas pemain Harimau Malaya.

Salah satu negara yang diundang Malaysia untuk duel adalah Korea Sealtan. Sayangnya Federasi Sepak Bola Korea (KFA) tidak menyambutnya secara positif.

Baca Juga:
Rajin Panaskan Mesin Tapi Gagal Menang, Timnas Indonesia U-20 Dibandingkan dengan Vietnam

Kim Pan-gon pun menilai, ini lantaran ranking FIFA Malaysia berbeda jauh dari Korea Selatan yang merupakan langganan kontestan Piala Dunia.

Timnas Malaysia kini bertengger di peringkat 145 ranking FIFA, bak bumi dan langit dengan Korea Selatan yang bercokol di urutan ke-25.

"Saya sudah menghubungi KFA untuk menggekar pertandingan persahabatan (lawan Malaysia), mamun mereka tidak memberikan respons positif. Kita harus membuktikan kalau kita tim bagus, dan layak menempati ranking100 ke atas, mungkin mudah untuk mengatur pertandinga," ujarnya dikutip dari Harimau Malaya.

Baca Juga:
Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 Tampil Perkasa saat Laga Uji Coba, Netizen Sarankan Ini ke Shin Tae-yong

Walau begitu, apa yang dilakukan Kim Pan-gon terhitung berani. Hal ini juga patut ditiru oleh Shin Tae-yong.

Memang ranking timnas Indonesia juga tidak lebih baik dari Malaysia. Akan tetapi, Shin Tae-yong punya hubungan kedekatan, apalagi sempat menangani tim senio, termasuk Piala Dunia 2018 lalu.

Sejauh ini, timnas Indonesia juga belum punya lawan di FIFA Matchday Maret 2023 mendatang. Awalnya skuad Garuda berniat menghadapi Bolivia serta Tajikistan.

Baca Juga:
Profil Ilham Jaya Kesuma, Legenda Timnas Indonesia yang Kini Ditunjuk sebagai Pelatih Persita Tangerang

Namun kedua tim itu malah sudah mengumumkan lawannya. Bolivia disebut akan melawan Arab Saudi, sedangkan Tajikistan akan menghadapi Uni Emirat Arab serta Kuwait.

Tentu akan sangat menarik jika Korea Selatan mau menerima tawaran Shin Tae-yong. Sayangnya salah satu penghalang memang KFA memandang kualitas skuad Garuda masih jomplang.

Baca Juga:
Tampil Apik Bersama Timnas Indonesia U-20 di Turnamen Mini, Hugo Samir Dapat Dukungan Striker Brasil