Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia U-16 Sultan Zaky Pramana (kiri) menyundul bola di laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp)

Gol.bolatimes.com - Nama Sulthan Dzaky menjadi sorotan karena berhasil menembus skuad timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Asia U-20 2023. Padahal ia sebelumnya dipromosikan Shin Tae-yong dari tim U-16.

Shin Tae-yong sebelumnya memanggil 30 nama untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-20. Ada dua nama dari U-16 yang dipromosikan, yaitu Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky.

Kedua pemain itu diberikan kesempatan oleh juru taktik asal Korea Selatan ini dalam turnamen mini. Hasilnya Shin Tae-yong lantas mencoret Arkhan Kaka, tapi mengejutkannya Sulthan Zaky dibawa ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Janji Hugo Samir usai Dipilih Shin Tae-yong Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Lantas siapa Sulthan Zaky? Ia merupakan bek tengah yang menjadi andalan Bima Sakti di timnas Indonesia U-16. Berduet dengan Iqbal Gwijangge, lini belakang tim muda ini solid.

Nyatanya timnas Indonesia U-16 sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Penampilannya yang impresif kemudian dilirik oleh Shin Tae-yong.

Pemain kelahiran tahun 2006 ini juga dipercaya sebagai kapten PSM Makassar U-16 hingga meraih gelar juara Elite Pro Academy (EPA).

Baca Juga:
7 Pemain yang Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023

Dalam TC, pemain yang merupakan saudara Asnawi Mangkualam ini juga mampu beradaptasi dengan baik. Walau usianya lebih muda dari rata-rata pemain yang dipanggi, ia tidak minder.

Shin Tae-yong pun berani mencobanya dalam pertandingan uji coba. Nyatanya, ia pun dibutuhkan untuk membantu lini pertahanan Garuda Nusantara.

Tak ayal, pelatih berusia 52 tahun ini akhirnya memasukkan nama Sulthan Zaky dalam skuad timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Cuma Gara-gara Hal Sepele Ini, Striker Timnas Indonesia Digoda untuk Gabung Klub Jordi Amat