Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong berharap skuadnya memiliki mentalitas tinggi di Piala Asia U-20 2023. Ia tak ingin Skuad Garuda Nusantara ciut nyali menghadapi lawan.

Shin Tae-yong menyadari Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi lawan yang berat. Oleh karena itu, ia berharap para pemain tak gentar bertanding.

Wejangan itu disampaikan Shin Tae-yong dalam acara makan malam bersama jelang keberangkatan skuad Garuda Nusantara ke Uzbekistan, Jumat (25/2/2023) malam untuk mengikuti Piala Asia U-20 2023.

"Saya sudah sering bicara kepada pemain, jika kita bertemu lawan yang lebih kuat, kita pasti menyerah lebih dulu sebelum bertanding. Kita tidak boleh punya mental seperti itu. Harusnya kita berpikir kita bisa menang dengan lebih banyak berlari daripada lawan," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga meminta agar pemain Timnas U-20 tak jemawa meski sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Ia ingin, Skuad Garuda Nusantara menganggap Piala Asia U-20 2023 sebagai kompetisi penting yang harus ditaklukkan sebagai modal menghadapi Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Tanah Air.

"Bulan Mei nanti, kita akan ikut Piala Dunia U-20, tetapi jangan mengganggap kita sudah lolos. Jadi lebih baik anggap saja kita belum lolos dan dapat tiket ke Piala Dunia. Jadi anggap kita baru mulai dari Piala AFC U-20 ini," sambungnya.

Di Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 tergabung dalam Grup A bersama Irak, Suriah dan tuan rumah Uzbekistan.

Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan bakal memulai kiprahnya di Piala Asia U-20 2023 dengan melawan Irak pada 1 Maret 2023, disusul Suriah pada 4 Maret 2023, dan Uzbekistan pada tiga hari berselang.