Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-20 berpose sebelum melawan Tim Nasional Fiji U-20 dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Gol.bolatimes.com - Shin Tae-yong meminta dukungan masyarakat untuk skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan berjuang di Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan.

Pada Jumat (25/2/2023) malam, Skuad Timnas U-20 bertolak ke Uzbekistan. Mereka akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 yang digelar pada 1-18 Maret.

Di kejuaraan tersebut, Timnas U-20 memboyong 23 pemain dan siap menghadapi persaingan Grup A yang dihuni oleh tim-tim tangguh seperti Irak, Suriah dan Uzbekistan.

Shin Tae-yong memastikan kondisi pemain Timnas Indonesia U-20 baik meski sejatinya skuad tak lengkap karena sejumlah penggawa andalan absen di Piala Asia U-20 2023.

"Meski tidak bisa full skuad pada ajang ini kami harus optimistis. Tentu saya ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain dan mereka sanggup bersaing di turnamen ini. Tentu doa dan dukungan masyarakat Indonesia kami butuhkan agar kami dapat meraih hasil terbaik di Piala AFC U-2023," ujarnya dikutip dari laman PSSI.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga meminta agar pemain Timnas U-20 memiliki mentalitas tinggi di Piala Asia U-20 2023 dan tak gentar sebelum bertanding.

"Saya sudah sering bicara kepada pemain, jika kita bertemu lawan yang lebih kuat, kita pasti menyerah lebih dulu sebelum bertanding. Kita tidak boleh punya mental seperti itu. Harusnya kita berpikir kita bisa menang dengan lebih banyak berlari daripada lawan," kata STY.

Ia ingin Skuad Garuda Nusantara menganggap Piala Asia U-20 2023 sebagai kompetisi penting yang mesti ditaklukkan sebelum menghadapi Piala Dunia U-20 yang akan digelar Indonesia pada Mei mendatang.

"Bulan Mei nanti, kita akan ikut Piala Dunia U-20, tetapi jangan mengganggap kita sudah lolos. Jadi lebih baik anggap saja kita belum lolos dan dapat tiket ke Piala Dunia. Jadi anggap kita baru mulai dari Piala AFC U-20 ini," pungkasnya.