Gagah Radhitya Widiaseno
Mantan pelatih Timnas Jepang, Phillipe Troussier. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Pelatih baru Vietnam, Philippe Troussier, mengungkapkan pernah ditawari salah satu dari tim dari Afrika dengan gaji hampir menyentuh angka Rp 4,5 miliar. Namun, ia tetap setia melatih Vietnam yang gajinya di bawah jauh dari yang ditawarkan tim Afrika.

Philippe Troussier ditunjuk sebagai pelatih Vietnam usai Park Hang-seo melepas jabatannya pada Januari 2023 silam.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memilih pelatih asal Prancis tersebut lantaran pengalamannya yang cukup mumpuni. Apalagi, ia pernah melatih Vietnam U-19 silam.

Baca Juga:
Mengagetkan! Sven Goran Eriksson Putuskan Pamit dari Sepak Bola

Hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan VFF untuk menarik kembali Philippe Troussier ke skuad The Golden Star Warriors.

Sebelum ditunjuk VFF, pelatih asal Prancis tersebut pernah ditawari oleh salah satu negara asal Afrika, Benin dengan gaji fantastis.

Dilansir dari Soha.vn, Philippe Troussier ditawari gaji dengan kisaran 300 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp 4,5 miliar oleh Benin.

Baca Juga:
Laga PSS vs Persikabo Tanpa Kehadiran Suporter, Tim Super Elja Bisa Menang?

Namun ia tidak mengambil tawaran tersebut dan justru memilih Vietnam yang gajinya hanya 60 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp 763 juta.

Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Jepang dan Vietnam U-19. (AFP/Nhac NGUYEN)

Federasi Sepak Bola Benin (FBF) menginginkan jasa Philippe Troussier karena pengalaman melatih tim Afrika cukup memuaskan.

Perjalanannya di Afrika diawali dengan memenangi gelar Liga Pantai Gading bersama ASEC Mimosas pada musim debutnya.

Baca Juga:
Kalah dari Klub Jordi Amat, Bintang Thailand Ini Disebut Pelatih Terengganu FC Jadi Biang Keladinya

Bukan hanya sekali, Troussier mampu mengantarkan klub tersebut menjadi juara dalam tiga musim beruntun.

Di samping itu, Troussier juga pernah membantu Timnas Nigeria lolos ke Piala Dunia 1998 meski digantikan sebelum ajang itu dimulai.

Setelahnya, ia sempat melatih Timnas Burkina Faso sebelum memimpin Timnas Afrika Selatan berlaga di Piala Dunia 1998.

Kini, pelatih asal Prancis tersebut mendapatkan menjalani tugas pertamanya dengan memimpin Timnas U-22 Vietnam di SEA Games 2023.

VFF menargetkan Timnas U-22 Vietnam mencapai babak final dalam ajang yang dihelat di Kamboja pada mulai 29 April mendatang.