Irwan Febri Rialdi
Striker Tottenham Harry Kane (kiri) saat pertandingan Grup G Liga Europa antara Rennes dan Tottenham di Stadion Roazhon Park di Rennes, Prancis, 16 September 2021 Kane mencetak gol semata wayang dalam laga Spurs melawan Brighton yang dimenangkan Spurs 1-0 pada 8 Oktober 2022. ANTARA/AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER.

Gol.bolatimes.com - Hasil Liga Inggris 2022/2023, Tottenham Hotspur sukses mengalahkan Chelsea dalam Derbi London dengan skor akhir 2-0 di pekan ke-25 liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium pada Minggu malam WIB.

Dua gol Tottenham masing-masing dicetak oleh Oliver Skipp dan Harry Kane. Pertandingan ini diwarnai keributan setelah Hakim Ziyech mendorong wajah Emeron Royal.

Kemenangan ini membuat Tottenham sementara masih berada di peringkat empat klasemen dengan 45 poin dari 25 laga. Sementara Chelsea masih tertahan di posisi 10 dengan 31 poin, demikian laporan laman resmi Liga Premier Inggris.

Chelsea langsung menguasai bola dan beberapa kali mengancam gawang tim tamu. Percobaan pertama pada terjadi pada menit ke-1 lewat tendangan Joao Felix dari luar kotak penalti, yang masih melenceng dari gawang Fraser Foster.

Pada menit ke-11, mereka kembali mendapatkan peluang. Kali ini tendangan kaki kiri Hakim Ziyech dari jarak jauh masih bisa diblok pemain lawan.

Tottenham baru memiliki shot on target pada menit ke-27. Sepakan Pierre-Emile Hojbjerg di luar kotak penalti masih bisa diblok Wesley Fofana, yang membuat Kepa Arrizabalaga mati langkah.

Namun, bolanya membentur tiang gawang dan berhasil disapu Reece James sebelum disambar pemain Tottenham.

Sebelum babak pertama berakhir, Chelsea sempat punya kans emas lewat sepakan Raheem Sterling pada menit ke-44. Sayang upayanya masih bisa ditepis Foster.

Di masa injury time, sempat ada keributan yang dipicu perebutan bola antara Ziyech dan Richarlison. Ziyech kemudian mendorong Emerson Royal yang membuatnya sempat dikartu merah sebelum wasit kemudian mengecek VAR dan membatalkan keputusannya dan mengganti dengan kartu kuning.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol 0-0.

Tottenham bermain lebih agresif di babak kedua dan langsung mencetak gol pada menit ke-46. Oliver Skipp mencatatkan namanya di papan skor. Menerima bola dari Richarlison, Skipp kemudian melepaskan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan Kepa. Tim tuan rumah unggul 1-0.

Chelsea mencoba membalas lewat peluang dari Kai Havertz dan Raheem Sterling, tetapi percobaan dari keduanya masih belum bisa menaklukkan Forster.

Tottenham justru bisa menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-82 berkat gol Harry Kane. Berawal dari sepak pojok Son dari sisi kiri, bola disambut tandukan Dier dan mengarah ke tiang jauh yang kemudian dituntaskan Kane dengan mudah. Kedudukan menjadi 2-0.

Chelsea memasukkan memasukkan Mudryk dan Aubameyang demi mengejar ketertinggalan, tetapi pergantian itu tidak mampu menembus pertahanan kokoh Tottenham.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Tottenham menang 2-0 atas Chelsea dalam Derby London.

Susunan pemain
Tottenham Hotspur (3-4-3): Fraser Foster, Cristian Romero, Eric Dier, Clement Lenglet, Emerson, Oliver Skipp, Pierre-Emile Hoejbjerg, Ben Davies, Dejan Kulusevski (Son Heung-min 79'), Richarlison (Pedro Porro 89'), Harry Kane

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga, Ben Chilwell, Kalidou Koulibaly, Thiago Silva, Reece James, Enzo Fernandez, Ruben Loftus-Cheek (Denis Zakaria 62'), Raheem Sterling (Pierre-Emerick Aubameyang 83'), Joao Felix (Mykhailo Mudryk 83'), Hakim Ziyech (Mason Mount 62'), Kai Havertz.

(Antara)