Rauhanda Riyantama
Skuad Timnas Indonesia U-20 sedang berlatih jelang Piala Asia U-20 2023 (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Tidak lama lagi Timnas Indonesia U-20 segera memulai perjuangan di Piala Asia U-20 2023. Ajang yang berlangsung di Uzbekistan ini dimulai pada 1 hingga 18 Maret mendatang.

Arkhan Fikri dan kawan-kawan sudah berada di Uzbekistan sejak tiga hari lalu. Skuad Garuda Nusantara juga sudah melakukan latihan di negara Asia Tengah tersebut. 

Adapun, hasil undian membuat Timnas Indonesia U-20 berada di Grup A bersama Irak, Suriah, dan tuan rumah Uzbekistan. Indonesia bakal langsung ditantang Irak pada Rabu (1/3) besok.

Baca Juga:
Jelang Lawan Irak di Piala Asia U-20 2023, Ronaldo Kwateh Angkat Moral Pemain Timnas Indonesia U-20

Berselang tiga hari kemudian, Sabtu (4/3), anak asuh Shin Tae-yong itu akan menghadapi Suriah di Stadion Lokomotiv. Lantas fase grup bakal ditutup[ pada Selasa (7/3) melawan Uzbekistan di Stadion Istiqlol.

Timnas Indonesia U-20 yang datang dengan tidak dalam kekuatan penuh, tetap diharapkan bisa tampil maksimal. Namun, ada beberapa faktor yang bisa menghambat performa Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023.

1. Cuaca

Baca Juga:
Suhu Ekstrem Uzbekistan Bukan Jadi Halangan, Bek Timnas Indonesia U-20 Optimis di Piala Asia U-20 2023

Masalah non-teknis ini sudah menjadi tantangan yang kerap membuat kesulitan para pemain Indonesia. Di Uzbekistan, disebutkan cuaca di lokasi pertandingan Piala Asia U-20 tersebut mencapai dua derajat celcius pada malam hari.

Ini merupakan suhu yang tidak biasa bagi Muhammad Ferrari dan kolega. Adaptasi dengan cuaca ekstrem ini juga diakui Shin Tae-yong sulit dilakukan oleh para pemainnya.

"Secara keseluruhan tim dalam kondisi baik, tapi adaptasi dengan cuaca yang agak sulit, jadi mungkin perlu waktu," kata Shin dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Cerita Mengejutkan Park Hang-seo Jadi Pelatih Vietnam, Trauma karena Hampir Diculik

2. Mental

Mentalitas menjadi faktor yang begitu ditekankan oleh Shin Tae-yong kepada para pemainnya. Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan jangan sampai kalah nyali sebelum bertanding.

Faktor ini memang menjadi perhatian karena banyak pemain dalam skuad Timnas Indonesia U-20 saat ini yang belum punya pengalaman mentas di kancah internasional.

Baca Juga:
Link Live Streaming RANS Nusantara FC vs Persebaya Surabaya di BRI Liga 1, Kick Off 15.00 WIB

Terlebih, lawan-lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia di fase grup punya profil mentereng dan dianggap kekuatannya mumpuni.

3. Lapangan Latihan

Belum juga bertanding resmi, Shin Tae-yong sudah dibikin geram saat persiapan tim karena lapangan tempat latihan Timnas Indonesia U-20 kualitasnya buruk.

Situasi ini tentu sangat berbahaya buat pemain. Kondisi rumput yang tidak tumbuh merata rawan membuat pemain Timnas Indonesia U-20 mengalami cedera.

"Saya tidak bisa mengerti situasi ini apalagi kami latihan di sini untuk Piala Asia U-20 2023. Jadi, saya tidak bisa membayangkan fasilitas latihan seperti ini," kata Shin Tae-yong.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha