Irwan Febri Rialdi
Teja Paku Alam mendapat kartu merah di laga Barito Putera vs Persib (Twitter)

Gol.bolatimes.com - Aksi kiper konyol di Liga 1 bakal dibahas dalam artikel kali ini. Pasalnya, baru-baru ini kiper Persib Bandung yaitu Teja Paku Alam melakukan blunder konyol.

Blunder itu bahkan akhirnya berujung pada kartu merah dan akhirnya Persib Bandung kalah dari Barito Putera pada lanjutan pertandingan Liga 1, Senin (27/2/2023).

Lantas, aksi konyol kiper mana saja yang pernah terjadi di Liga 1?

1. Teja Paku Alam

Aksi konyol kiper di Liga 1 dilakukan oleh Teja saat Persib melawan Barito Putera. Teja Paku Alam mendapat kartu merah langsung di menit ke-43. Kartu merah itu diberikan wasit karena Teja memegang bola jauh di luar kotak penalti.

Persib saat itu tengah unggul 1-0 lewat gol dari David da Silva pada menit ke-20. Aksi 'petik mangga' Teja Paku Alam berawal dari skema serangan balik Barito Putera.

Bola crossing dilepaskan pemain Barito Putera mengarah ke Gustavo Tocantins. Sejatinya pemain asal Brasil itu dikawal oleh dua pemain Persib, Victor Igbonefo dan Daisuke Sato.

Meski bola masih cukup jauh dan Tocantins dikawal dua rekannya, Teja Paku Alam putuskan keluar dari sarangnya dan langsung menepis bola di udara. Wasit pun tak ragu mengganjar Teja Paku Alam dengan kartu merah langsung.

2. Rivky Mokodompit

Aksi konyol kiper Liga 1 selanjutnya pernah dilakukan oleh Rifky Mokodompit di Liga 1 2018 ketika masih berseragam PSM Makassar.

Di laga melawan Persela Lamongan saat hendak mengantisipasi tendangan bebas Shohei Matsunaga, ia mengantisipasi bola dengan kakinya, bukan dengan tangan. Tak pelak, laju bola yang sempat menyentuh tanah gagal dia bendung. Padahal arah bola tepat ke arahnya.

3. Andritany Ardhiyasa

Kiper yang sudah sarat pengalaman dan bertabur prestasi ini juga pernah melakukan blunder konyol. Tepatnya saat Persija melawan PSM di Liga 1 2018.

Umpan lambung Hendra Wijaya coba ditangkap oleh sang kiper. Akan tetapi bola terlepas dari tangkapannya. Guy Junior yang berada tepat di depan Andritany langsung menendang bola untuk menjadi gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha