Muhammad Ilham Baktora
Timnas Indonesia saat melawan tim Irak pada Piala Asia 2023 (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Shin Tae-yong, tak habis pikir anak asuhnya kalah menyakitkan di laga perdana Piala Asia U-20 menghadapi Timnas Irak U-20, Rabu (1/3/2023).

Ia juga mengaku ada sedikit perbedaan antara pemain starter dan pemain pengganti saat dirinya menurunkan lima pemain pengganti di babak kedua.

Timnas Indonesia U-20 harus tertunduk lesu setelah dijegal Irak U-20 pada Piala Asia U-20 dengan skor 2-0. Indonesia yang unggul pemain menyusul lawan hanya bermain dengan 10 orang akibat kartu merah, juga tak mampu membalikkan keadaan.

Baca Juga:
Posting Banyak Emoticon Badut, Daisuke Sato Sindir Ditundanya Laga Persija vs Persib?

Shin Tae-yong memang masih berupaya mencari akar persoalan mengapa anak asuhnya tak bisa membuat gol sama sekali ketika lawan minus pemain. Satu yang menjadi catatannya ada perbedaan kualitas antara pemain yang diposisikan sebagai starter dan pengganti.

"Terlihat ada performa yang berbeda. Sehingga terlihat ada jarak antara pemain starter dan juga pemain pengganti," ungkap Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (2/3/2023).

Hal ini menjadi evaluasi Shin Tae-yong untuk pemainnya saat bersua dengan Timnas Suriah U-20. Mengingat kemampuan tim yang sudah dianggap matang, tapi tak memberikan hasil baik di pertandingan perdana.

Baca Juga:
Menang Atas Timnas Indonesia U-20, Pelatih Irak Akui Cukup Kesulitan

Di sisi lain, Shin Tae-yong mengakui bahwa kekalahan itu adalah tanggungjawab dia. Beberapa persoalan ternyata masih menjadi kendala skuad Garuda Nusantara bermain di Piala Asia U-20 meski diberi peluang besar dengan berkurangnya jumlah pemain lawan.

"Kita unggul jumlah pemain, tapi saya belum tahu mengapa kita tidak bisa bermain lebih baik lagi. Sebagai pelatih, saya juga berkaca pada saya sendiri, saya akan berbicara dengan pemain nanti," katanya.

Indonesia U-20 tertinggal di babak pertama pada menit ke-27 dari kaki Hayder Abdulkareem. Skor 1-0 sebenarnya menjadi lecutan semangat Muhammad Ferarri dkk untuk menyamakan kedudukan.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-20 vs Suriah, Sama-sama Kalah di Laga Perdana

Namun begitu rapatnya barisan pertahanan Timnas Irak U-20 tak mampu ditembus Hokky Caraka maupun Rabbani Tasnim.

Justru Indonesia kebobolan di waktu injury time. Tepat 90+6, gawang Daffa Fasya dirobek lagi oleh pemain Irak, Mohamed Jameel.

Saat ini Indonesia terpuruk di peringkat keempat pada klasemen sementara Grup A Piala Asia U-20 2023.