Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Indonesia merayakan gol Marselino Ferdinan ke gawang Filipina di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Sebanyak 5 negara berperingkat tinggi FIFA bisa jadi alternatif lawan timnas Indonesia dalam FIFA Matchday pada Maret 2023 mendatang.

Timnas Indonesia bakal melakoni FIFA Matchday pada 20 Maret 2023, namun PSSI belum menentukan lawan lengkap untuk agenda penting tersebut.

Gerak cepat harus dilakukan, tentu untuk mendapatkan lawan yang pantas dan tepat bagi skuad Garuda berharap dapat memperbaiki ranking FIFA.

Baca Juga:
Laga Persebaya vs Arema FC Direkomendasikan di Luar Jawa Timur dan Tanpa Penonton

Setidaknya ada 5 negara yang bisa dijadikan sebagai lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday nanti, negara dengan peringkat di atas Indonesia.

Lantas negara mana yang bisa dihadapi timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang? berikut beberapa di antaranya.

1. Kepulauan Solomon

Baca Juga:
Emil Audero Terpuruk Bersama Sampdoria di Liga Italia, Karma Tolak Gabung Timnas Indonesia?

Kepulauan Solomon merupakan negara dengan tim nasional sepak bola berperingkat 136 FIFA, berasal dari zona Oseania.

Negara ini bahkan jauh lebih baik ketimbang timnas Indonesia yang berperingkat 151 dunia, Solomon pun bisa jadi alternatif lawan.

Sebelumnya Solomon hendak menggelar laga FIFA Matchday melawan Vanuatu dan Kepulauan Cook, namun batal dan momen ini bisa dimanfaatkan PSSI.

Baca Juga:
Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Bagi-Bagi 35 iPhone Berlapis Emas 24 Karat

2. Lebanon

Lebanon bertengger di peringkat 100 FIFA, negara ini rencananya bakal menghadapi Oman pada Maret mendatang namun hanya sekali pertandingan.

Slot satu pertandingan yang tersisa bisa dimanfaatkan timnas Indonesia untuk FIFA Matchday mendatang, Lebanon termasuk kontestan Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Brandon Scheunemann Gantikan Zanadin Fariz di Timnas Indonesia U-20, Bos PSIS Semarang Ikut Bereaksi

Status Lebanon juga mentereng, salah satu dari 12 negara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

3. Palestina

Negara sahabat Indonesia bisa jadi lawan yang pantas di FIFA Matchday, Palestina bertengger di peringkat 93 FIFA.

Menurut rencana, Palestina akan berhadapan dengan Bahrain di FIFA Matchday Maret mendatang, namun hanya sekali pertandingan.

Sama seperti Lebanon, satu slot tersebut bisa dimanfaatkan timnas Indonesia mengukur kekuatan jelang Piaal Asia 2023.

4. Oman

Oman menempati peringkat 75 dunia, dikabarkan batal melakoni FIFA Matchday melawan Bolovia dan bisa jadi lawan yang pas untuk skuad Garuda.

Peringkat Oman yang disegani bagi lawan asal Asia Tenggara memberi motivasi tersendiri untuk timnas Indonesia menjadi lawan mereka.

Oman dijadwalkan bermain sekali melawan Lebanon pada FIFA Matchday Maret nanti, satu slot bisa diisi timnas Indonesia.

5. Qatar

Kontestan Piala Dunia 2022 ini bertengger di peringkat ke-60 dunia, Qatar juga belum memiliki calon lawan di FIFA Matchday bulan ini.

Potensi menggelar FIFA Matchday melawan negara Timur Tengah sangat besar, ditambah sejumlah laga tunda Liga 1 2022 membuat sejumlah stadion terpakai.

Keberangkatan timnas Indonesia ke luar negeri diprediksi terjadi, Qatar menjadi salah satu lawan potensial untuk FIFA Matchday nanti.

Kontributor: Eko