Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-20, Dzaky Asraf berebut bola dengan pemain Irak U-20 (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Dua wakil Asia Tenggara menuai hasil berbeda di laga perdana fase grup Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan, Vietnam semakin menunjukkan perbedaan kelas dengan Indonesia.

Bukan beruntung, Vietnam U-20 membuktikan kualitas sebagai wakil ASEAN di Piala Asia U-20 2023 melawan Australia U-20.

Gol semata wayang Nguyen Quoc Viet lewat tendangan keras dari luar kotak penalti membawa Australia U-20 menelan kekalahan pertama.

Baca Juga:
Laga Persebaya vs Arema FC Direkomendasikan di Luar Jawa Timur dan Tanpa Penonton

Satu gol itu membuat Vietnam U-20 sebagai wakil Asia Tenggara yang sukses meraih kemenangan pertama di fase grup Piala Asia U-20 2023.

Pertandingan baru berjalan enam menit, Quoc Viet memanfaatkan umpan dari Khuat Van Khang lalu melepas sepakan keras dari luar kotak penalti.

Hingga pertandingan berakhir, serangan-serangan Australia U-20 berhasil diredam para pemain bertahan Vietnam U-20 yang tampil solid.

Baca Juga:
Emil Audero Terpuruk Bersama Sampdoria di Liga Italia, Karma Tolak Gabung Timnas Indonesia?

Kemenangan Vietnam U-20 berbanding terbalik dengan hasil yang didapat Indonesia U-20 di bawah komando pelatih kenamaan Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Bermain melawan 10 pemain Irak, Hokky Caraka dkk gagal memanfaatkan keunggulan dan bahkan kalah dengan skor 0-2 dari lawan.

Permainan tak jelas dengan penyelesaian akhir yang sangat buruk, membuat timnas Indonesia U-20 harus menelan kekalahan pertama di fase grup Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Bagi-Bagi 35 iPhone Berlapis Emas 24 Karat

Sempat mendominasi jalannya pertandingan di awal babak pertama, gawang Daffa Fasya justru terbobol pada menit ke-28, skor 1-0 bertahan separuh babak selesai.

Timnas Indonesia U-20 bahkan diberi keberuntungan dengan unggul jumlah pemain di babak kedua, sayangnya hal itu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Irak U-20 justru berhasil menambah keunggulan di menit akhir babak kedua, skor 0-2 bertahan hingga laga usai.

Baca Juga:
Brandon Scheunemann Gantikan Zanadin Fariz di Timnas Indonesia U-20, Bos PSIS Semarang Ikut Bereaksi

Hasil ini semakin menambah pesimis dengan kemungkinan skuad Garuda Nusantara bisa lolos dari fase grup Piala Asia U-20 2023.

Dua pertandingan menjadi penentu, melawan Suriah pada Sabtu (4/3/2023) dan Uzbekistan pada Selasa (7/3/2023).

Kontributor: Eko