Muhammad Ilham Baktora
Laga debut Asnawi Mangkualam bersama Jeonnam Dragons. (Dok. K League)

Gol.bolatimes.com - Pemain Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia saat bertarung di Piala Asia yang bergulir Januari 2024 mendatang.

Asnawi Mangkualam mendapat tugas baru dari pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang Kwan. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan oleh pelatih Timnas Indonesia saat dirinya membutuhkan kekuatan Asnawi.

Sebelumnya, Asnawi Mangkualam resmi berpindah klub dari Ansan Greeners ke Jeonnam Dragons pada akhir Desember 2022 lalu. Kepindahannya membuat ramai netizen Indonesia, pasalnya tak ada rumor yang membahas kepindahannya usai Piala AFF 2022 bergulir.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Gagal Bawa Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Irak, Begini Komentar Indra Sjafri

Resmi menjadi penggawa Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam langsung dimainkan sebagai starter saat menghadapi Anyang FC.

Ia bermain di posisi bek sayap kanan di mana sebagai tempat yang dia kuasai selama ini saat bertarung di K League 2.

Melansir dari Best Eleven, Jumat (3/3/2023), pelatih Jeonnam Dragons memberi tugas baru ke Asnawi. Saat ini dirinya dipasang sebagai bek kiri.

Baca Juga:
Alfriyanto Nico Sebut Timnas Indonesia U-20 Tak Boleh Kebobolan Lawan Suriah

"Pelatih Lee mempertimbangkan Asnawi untuk menempati tugas baru sebagai bek kiri. Hal itu berbeda dari posisi aslinya sebagai bek kanan," terang media Korea itu.

Hal ini tentu membuat keuntungan bagi Timnas Indonesia ke depan. Asnawi bisa menjadi alternatif untuk menjadi bek saat skuad Garuda bertarung.

Di sisi lain, Asnawi menjadi pemain yang multitalenta. Pasalnya ketika membela Timnas Indonesia, tak jarang Shin Tae-yong memberikan tugas sebagai gelandang.

Baca Juga:
Kerap Kalah di Liga Super Malaysia, Pelatih Ini Berseloroh bakal Panggil Dukun Indonesia

Mengingat gelandang Garuda sudah cukup tangguh, posisi bek bisa jadi tempat yang krusial untuk diperkuat.

Di sisi lain, Asnawi yang memiliki kecepatan menyerang juga tak menutup kemungkinan dijadikan striker saat membela Jeonnam Dragons.

"Asnawi memiliki potensi menyerang. Maka tim pelatih juga sedang membuat keputusan menggunaka asnawi sebagai opsi penyerang ke depan," tulis Best Eleven.