Galih Prasetyo
Penyerang Paris Saint-Germain Neymar, mendorong bola selama pertandingan sepak bola semifinal Liga Champions leg pertama antara Paris Saint-Germain (PSG) melawan Manchester City di Parc des Princes Kamis (29/4/2021) dini hari WIB. Anne-Christine POUJOULAT / AFP

Gol.bolatimes.com - Aturan dasar sepak bola direncakan akan mengalami perubahan besar. Sejumlah aturan mengenai waktu pertandingan selama 90 menit direncakan akan diubah.

Tidak hanya waktu pertandingan yang akan direncakan untuk diubah, peraturan lain seperti offside juga akan direvisi.

Semua hal itu akan menjadi bahan diskusi antara pihak FIFA dengan badan wasit FIFA, IFAB yang akan berlangsung di London, Inggris, pekan depan.

Baca Juga:
Daftar Pemain Terbaik FIFA Sejak 1991 hingga 2022, Terbaru Lionel Messi

Presiden FIFA Gianni Infantino sebelumnya sempat mengatakan bahwa sepak bola modern saat ini memiliki banyak perdebatan mengenai waktu pertandingan.

Rencana untuk mengubah waktu pertandingan tidak lagi 90 menit direncakan akan mulai berlaku tahun 2024. Namun rencana ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Pilihannya jika waktu pertandingan tidak diubah, maka ada aturan baru soal selebrasi perayaan gol. Nanti pada aturan yang mulai berlaku pada 30 Juni, selebrasi perayaan gol akan masuk dalam waktu tambahan.

Baca Juga:
Belum Punya Lawan Lengkap di FIFA Matchday, Ini 5 Negara yang Bisa Dihadapi Timnas Indonesia

Selain itu, di aturan selebrasi tersebut juga ditekankan bahwa pemain tidak boleh berselebrasi lebih dari 1 atau 1 1/2 menit.

Sementara itu untuk aturan offside juga akan akan berubah jadi isu penting di pertemuan antara pihak FIFA dan IFAB. Terkait aturan perubahan offside ini sebenarnya sudah dibahas pada pertemuan IFAB pekan sebelumnya.

Arsene Wenger seperti dikutip dari Marca mendukung rencana perubahan aturan offside. Wenger yang menjabat sebagai direktur pengembangan sepak bola FIFA mendukung adanya perubahan aturan offside.

Baca Juga:
Media Vietnam Sindir Timnas Indonesia, Disebut Tak Bisa Temukan Lawan di FIFA Matchday

Menurut Wenegr bahwa striker harus terkena offside dengan bagian terakhir tubuhnya sejajar dengan bek lawan, sehingga memungkinkan si striker berada di depan bek, tetetapi dengan bagian tubuhnya sejajar. Terkait aturan ini masih dalam proses pembahasan.

Selain itu ke depannya bakal ada aturan Anti Emi Martinez. Apa itu aturan Anti Emi Martinez? Aturan ini menekankan bahwa kiper tidak boleh mengganggu saat pemain lain menendang penalti, misalnya menunda si eksekutor menendang bola.

Pada draft aturan Anti Martinez itu juga disebut kiper dilarang menyentuh tiang, mistar dan jaring gawang saat penalti mau ditendang.

Baca Juga:
Sibuk Ngurusi TC SEA Games Ketimbang Nyari Lawan FIFA Matchday, Indra Sjafri Disentil Netizen