Gagah Radhitya Widiaseno
Laga debut Asnawi Mangkualam bersama Jeonnam Dragons. (Dok. K League)

Gol.bolatimes.com - Pekan apes dialami oleh pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. Ia mendapatkan kartu merah dan klubnya, Jeonnam Dragons dibantai lima gol tanpa balas oleh lawannya.

Laga kedua Jeonnam Dragons di K-League 2 yang digelar di Gwangyang Football Stadium, Minggu (5/3/2023) tidak berjalan mulus seperti yang dibayangkan.

Pada laga Jeonnam Dragons vs Gyeongnam, Asnawi Mamngkualam mendapatkan pil pahit usai mendapatkan kartu merah pada laga yang berjalan 25 menit.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Benarkah Justin Hubner Batal Bela Timnas Indonesia U-20, Membelot ke Belanda?

Pertandingan memang terbilang tidak berimbang. Klub Asnawi Mangkualam dibombardir habis-habisan.

Asnawi Mangkualam dapat kartu merah. (Twitter/@bukanmediovideo)

Laga yang baru berjalan 16 menit, gawang Jeonnam Dragons pun bergetar. Sepakan terarah dari Gleyson Oliviera sempat berhasil ditepis oleh penjaga gawang tuan rumah.

Namun, Won Ki-jong berhasil memanfaatkan bola muntah hasil halauan yang tak sempurna dari penjaga gawang tuan rumah.

Baca Juga:
Erick Thohir Ingin Bawa Liga Indonesia Jadi yang Terbaik di ASEAN, Kalahkan Thailand dan Vietnam

Prahara dimulai pada menit ke-25, dimana Jeonnam Dragons harus bermain dengan 10 pemain usai Asnawi Mangkualam diusir oleh wasit.

Hal ini lantaran Asnawi Mangkualam terlihat menginjak lawan dengan sepatunya. Wasit sebelumnya hanya mengganjar kartu kuning saja.

Namun setelah melihat VAR, wasit berubah pikiran. Dan Asnawi Mangkualam diusir wasit dengan diganjar kartu merah.

Baca Juga:
Justin Hubner 'Membelot' ke Timnas Belanda U-20? Begini Penjelasan Eks PSSI

Pemain Gyeongnam pun langsung memanfaatkan situasi ini. Lewat Wong Ki-jong, skuad Gyeongnam memperbesar keunggulan menjadi 2-0.

Gyeongnam kembali menambah keunggulan mereka melalui aksi striker asing mereka, Gleyson pada menit ke-67. Skor 0-3 untuk keunggulan tim tamu.

Bek tim tamu, Park Jae-hwan pun ikut menambah penderitaan tim tuan rumah melalui golnya memanfaatkan umpan lambung rekannya dari situasi tendangan bebas pada menit ke-73.

Penderitaan tim tuan rumah bertambah usai pemain pengganti asal Brasil, Guilherme tambah keunggulan tim tamu. Skor jadi 0-5.

Kekalahan ini membuat Jeonnam Dragons berada di dasar klasemen sementara K-League 2 dengan perolehan nol poin. Bagi Asnawi Mangkualam, ini menjadi kartu merah perdana di musim ini sejak bergabung dengan Jeonnam Dragons.