Husna Rahmayunita
Justin Hubner debut di timnas Indonesia U-20. (Instagram/justinhubner5)

Gol.bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menanggapi pemanggilan pemain keturunan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20 di tengah proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Indra Sjafri menilai hal tersebut tak perlu dicemaskan lantaran Justin Hubner telah menunjukkan kesedian untuk menjadi WNI demi bisa membela Timnas Indonesia U-20.

"Selama dia konsisten dan berkomitmen (menjadi WNI-red) tidak ada yang perlu dicemaskan," ujar Indra di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga:
Liga Indonesia Ubah Aturan, Berikut Perbadingan Kuota Pemain Asing di ASEAN

Indra Sjafri menegaskan PSSI tidak meragukan hasrat Justin untuk menjadi WNI, yang membuatnya bakal memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Hal tersebut karena pesepak bola yang bermain di tim muda klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderers itu sudah menjalani proses untuk berganti kewarganegaraan.

Justin sudah datang ke Indonesia pada Oktober 2022 dan menuntaskan pengisian serta pengumpulan dokumen pewarganegaraan. Dia pun sempat berlatih bersama timnas U-20 Indonesia di Turki pada November 2022.

Baca Juga:
Dibantai 7-0 dari Liverpool, Pelatih Manchester United Ancam Anak Asuhnya Berlatih dengan Skuad MU U-21 jika Kalah Lagi

"Misalnya dia tidak hadir di Indonesia, mungkin kami kurang yakin kepada dia. Namun, dia sudah datang ke Jakarta dan apa yang di undang-undang telah dilaksanakan. Doakan saja semuanya selesai sesegera mungkin," tutur Indra Sjafri.

Saat ini, Indra Sjafri menyebut bahwa proses alih warga negaraJustin Hubner, bersama dua pemain lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick, akan menjalani tahapan di DPR.

Akan tetapi, karena DPR masih dalam masa reses sampai 13 Maret 2023, proses di tingkat legislatif belum dapat dilakukan.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkit Kenangan Manis Ketika Lawan Uzbekistan, Bisa Terulang Bersama Timnas Indonesia U-20?

"Kami masih menunggu karena DPR sedang reses," kata Indra.

Naturalisasi tiga pemainyakni Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick merupakan permintaan dari pelatih Timnas U-20 Shin Tae-yong.

Ketiga pemain yang berpaspor Belanda tetapi keturunan Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kualitas Indonesia saat berlaga di Piala Dunia U-20 2023 pada Mei mendatang, demikian dimuat Antara.

Baca Juga:
BRI Liga 1: Satu Pemain Absen, Persik Kediri Boyong 22 Pemain untuk Hadapi Persib Bandung