Gagah Radhitya Widiaseno
Selebrasi pemain naturalisasi Marc Klok usai menjebol gawang Arema FC. (Dok. Persib Bandung)

Gol.bolatimes.com - BRI Liga 1 musim depan bakal ada yang baru. Salah satu wacana yakni pembatasan pemain naturalisasi di klub BRI Liga 1.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan pihaknya mendorong agar setiap klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia diperkuat maksimal satu pemain naturalisasi. Hal itu disampaikan dalam Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, Sabtu (4/3/2023).

Menurutnya pembatasan jumlah pemain naturalisasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pemain lokal selain menegakkan keadilan di kompetisi.

Baca Juga:
Singkirkan Vietnam dari Piala Asia U-20 2023, Kapten Iran Malah Merasa Kasihan

Namun, Erick Thohir menegaskan kebijakan tersebut baru sebatas usulan dan masih akan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait.

"Ini bagian dari menata untuk mencari titik temu bersama dan belum tuntas," kata mantan Presiden klub Liga Italia Inter Milan itu seperti dikutip dari Antara.

Wacana aturan baru ini ternyata juga membuat media Malaysia bereaksi. Mereka mengamati semakin banyak pemain naturalisasi yang mengisi klub-klub Liga 1 dengan berbagai posisi.

Baca Juga:
Sebut Fisik jadi Kekurangan Pemain di Piala Asia U-20, Shin Tae-yong Bakal Buat Latihan Ekstra sebelum Piala Dunia U-20

“Pemain naturalisasi Indonesia kecam peraturan baru PSSI. Liga Indonesia akan memiliki tampilan baru musim depan dengan beberapa aturan, termasuk slot pemain asing dan naturalisasi,” bunyi pernyataan dari Semuanya Bola.

“Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang merekrut pemain naturalisasi untuk tim nasionalnya sejak bertahun-tahun lalu. Para pemain yang sebelumnya berstatus asing itu kini mulai terlihat banyak mengisi berbagai posisi di Liga,” sambungnya kemudian.

Mereka menyebut kalau alasan PSSI terkait wacana aturan baru ini memberikan peluang untuk pemain lokal Indonesia agar bisa tampil maksimal.

Baca Juga:
Sama-sama Tersingkir di Piala Asia U-20 2023, Pelatih Vietnam dan Shin Tae-yong Kompak Merasa Dirugikan

Apakah nantinya wacana ini bakal terealisasi di musim depan?