Muhammad Ilham Baktora
Joko Susilo bersama Bos Arema FC, Gilang Widya Pramana. (Instagram/@juragan99)

Gol.bolatimes.com - Sempat bertanding tanpa pelatih kepala di gelaran BRI Liga 1 2022/2023, akhirnya Arema FC memiliki pelatih baru. Perburuannya jatuh kepada Joko Susilo, mantan pelatih Liga 2, PSKC Cimahi.

Kepastian Joko Susilo menjadi pelatih baru Singo Edan, disampaikan oleh General Manager ad Interim Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi.

"Manajemen Arema FC menarik coach Getuk [panggilan akrab Joko Susilo] kembali memimpin tim," terang Yusrinal, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga:
Bawa-bawa Persib, Viral Video Arthur Irawan Tebar Ancaman untuk Persija dan Persebaya

Sebelumnya, Arema FC melanjutkan perjalanan di Liga 1 2022/2023 tanpa pelatih kepala. Arema FC hanya menunjuk I Putu Gede untuk menjadi caretaker bagi skuad Singo Edan.

Yusrinal sendiri sudah mempertimbangkan banyak hal memilih Joko Susilo sebagai pelatih Arema. Lisensi AFC Pro menjadi faktor dirinya ingin memberi sentuhan baru di Arema FC.

"Kita sudah tahu bagaimana coach Joko ini dalam menukangi tim. Dia kembali ke Arema dengan pengalaman yang cukup matang," sebutnya.

Baca Juga:
Intip Gol Cantik Raihan Utama, Pemain Garuda Select yang Dibanding-bandingkan dengan Ronaldo Kwateh

Dilansir dari Transfermarkt, Joko Susilo sendiri memang sudah dikenal di Arema. Sebelum ditunjuk jadi pelatih kepala, pria 52 tahun ini menjabat sebagai asisten pelatih di Arema FC.

Bahkan di tahun 2019, dirinya ditarik ke Timnas Indonesia untuk menjadi asisten pelatih. Hingga akhirnya ia memilih berlabuh ke Persik Kediri menjadi pelatih kepala saat tim masih bertarung di Liga 2.

Joko juga sempat menukangi tim junior Arema FC di tahun 2022 lalu. Selanjutnya ia berhenti dan memilih kembali ke Liga 2 untuk menjadi juru taktik PSKC Cimahi pada Juni 2022.

Baca Juga:
Kenya Bagikan Jadwal Pertandingan di FIFA Matchday, Timnas Indonesia Tidak Tercantum Jadi Lawan

Berhentinya Liga 2 memberikan dirinya secercah harapan. Pada Maret 2023 ia mulai kembali dipercaya Arema FC, bukan lagi sebagai asisten pelatih. Melainkan pelatih kepala.

Saat ini hanya menunggu tangan dingin Joko Susilo untuk menakhodai Singo Edan. Pasalnya, dua pertandingan terakhir, Arema tumbang.

Saat ini Arema berada di peringkat 12 dengan koleksi 32 poin.