Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi pemain Timnas Putri Indonesia U-20 usai melumat Singapura 4-0 pada babak pertama Kualifikasi Piala Asia Putri U-20, Sabtu (11/3/2023). (Twitter/@PSSI)

Gol.bolatimes.com - Gelandang Timnas Putri Indonesia U-20, Helsya Maeisyaroh membuat publik terpukau dengan skema tendangan bebasnya yang mampu mencetak gol ke gawang Singapura Putri U-20.

Timnas Putri Indonesia U-20, menang telak dengan skor 4-0 mengalahkan Singapura di laga terakhir Grup F babak pertama Kualifikasi Piala Asia Putri U-20, di Vietnam, Sabtu (11/3/2023).

Gol diciptakan oleh Helsya Maeisyaroh (12'), Marsela Yuliana Awi (38' dan 79') serta satu gol terakhir dicetak oleh Liza Madjar (67).

Baca Juga:
Impresif di Piala Asia U-20 2023, Striker Vietnam Dapatkan Promosi

Satu gol yang menjadi sorotan adalah gol pembuka Helsya di menit ke-12. Setelah pemain Indonesia dilanggar, wasit memberikan hadiah tendangan bebas untuk Garuda Pertiwi.

Helsya yang mendapat tugas melepas tendangan tersebut membuat penonton tergakum. Pasalnya, alih-alih mengumpan kepada rekannya yang bersiap di tengah lapangan, Helsya memilih menendang keras langsung ke arah gawang.

Uniknya, bola yang dilepas mengarah ke sudut sempit yang tak mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Singapura.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Gagal di Piala Asia U-20, Hokky Caraka justru Bawa Nama Baik Skuad Garuda Nusantara, Ini Sebabnya

Satu gol itu nyatanya membuat Garuda Pertiwi termotivasi. Dominasi serangan mampu dikuasai oleh skuad asuhan Rudy Eka Priyambada.

Gol kedua dilanjutkan oleh Awi di menit ke 38 melalui solo run-nya. Hingga turun minum Timnas Putri Indonesia U-20 masih memimpin.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Wajib Waspada, Berikut 5 Pemain Burundi yang Berkarier di Kompetisi Eropa

Di babak kedua, Indonesia mendominasi serangan. Penguasaan bola lebih banyak dimanfaatkan Garuda Pertiwi. Hingga akhirnya Liza Madjar menambah gol ketiga untuk Indonesia.

Gol terakhir, diciptakan lagi oleh Awi melalui umpan pendek. Peluang emas itu dikonversikan Awi menjadi gol keempat Timnas Putri Indonesia.

Meski menang telak, Timnas Putri Indonesia U-20 tetap gagal di Kualifikasi Piala Asia Putri U-20. Sheva Imut dkk harus banyak belajar dari pertandingan-pertandingan yang mereka lalui di Vietnam.