Irwan Febri Rialdi
Cek fakta legenda Chelsea latih Timnas Indonesia. (YouTube/Kreator Bola)

Gol.bolatimes.com - Sebuah kanal YouTube yang membahas soal sepak bola, yaitu Kreator Bola, membuat sebuah narasi yang menyebut bahwa legenda Chelsea, John Terry, akan melatih Timnas Indonesia.

Dalam narasi di videonya, Kreator Bola, membahas soal kebutuhan Timnas Indonesia akan sosok pelatih berkualitas untuk mendampingi Shin Tae-yong.

Dalam video tersebut juga menyebut bahwa Erick Thohir sudah begitu dekat dengan John Terrry dan menginginkan sosok pelatih berkualitas mendampingi Shin.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia Vs Palestina, Siapa yang Unggul?

Bahkan Kreator Bola menyebutkan nilai kontrak PSSI untuk John Terry menjadi pelatih Timnas Indonesia sebesar Rp 41 miliar. Tentu angka ini menjadi pertanyaan besar, sebab tak ada sumber pasti.

DIKONTRAK 41 MILYAR!! JOHN TERRY LATIH TIMNAS JADI PARTNER COACH SHIN - INI BUKTINYA!

Penjelasan

Baca Juga:
Liga Europa: Singkirkan Freiburg, Juventus Melangkah ke Perempatfinal

Kreator Bola, dalam videonya, membahas soal kontrak Shin Tae-yong akan habis pada Desember 2023 mendatang. Channel ini menyebut bahwa kontrak pelatih asal Korea Selatan itu besar kemungkinan diperpanjang.

Sebagai asistennya, Kreator Bola mengklaim bahwa PSSI sudah menemui kesepakatan dengan John Terry. Kanal YouTube ini menyertakan video kebersamaan John Terry dengan Erick Thohir sebagai bukti.

Namun video tersebut bukan kebersamaan mengenai pembahasan kontrak atau tawaran menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Momen pertemuan Erick Thohir dan John Terry itu terjadi pada November 2022.

Baca Juga:
Liga Europa: Imbang 0-0 Lawan Sociedad, AS Roma Tetap Lolos ke Perempatfinal

Saat itu, John Terry dan Alessandro Nesta datang ke Jakarta untuk ajang eksibisi menghadapi legenda-legenda sepakbola Indonesia pada Sabtu (12/11) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Acara itu untuk memeriahkan jelang bergulirnya Piala Dunia 2022. Nah, sebelum bertanding, pada Jumat (11/11), Terry dan Nesta berkesempatan berkeliling Sarinah yang ditemani oleh Erick Thohir.

Dalam posting-an di sosial media pribadinya, Erick Thohir tampak menjelaskan beberapa sudut Sarinah. Sarinah merupakan mal pertama di Indonesia yang sudah dipermak lebih cantik lagi.

Baca Juga:
Liga Europa: Libas Real Betis, Manchester United Lolos ke Babak Perempatfinal

Momen pertemuan Erick Thohir dan John Terry itu pun terjadi jauh sebelum Menteri BUMN tersebut terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yang baru. Erick baru menjabat Ketum PSSI pada Februari 2023.

Selain itu, saat ini John Terry pun masih terikat kontrak sebagai pelatih di Akademi Chelsea. Sehingga kecil kemungkinan ia menerima tawaran melatih di tempat lain.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, maka judul dan narasi yang digunakan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Terlebih, dalam video tersebut tidak ada satupun narasi yang menyebut mengenai nilai kontrak John Terry di Timnas Indonesia sebesar Rp 41 miliar.

Oleh karena itu, informasi yang diedarkan oleh Kreator Bola melalui judul video tersebut juga termasuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha