Irwan Febri Rialdi
Pemain Singapura, Mohamad Noh Alam Shah (kanan), selebrasi setelah mencetak gol penyama Singapura untuk membuat skor menjadi 1-1 melawan Malaysia pada semifinal Piala AFF di Kuala Lumpur, 23 Januari 2007. AFP PHOTO

Gol.bolatimes.com - Liga Indonesia pernah menjadi destinasi favorit pemain-pemain dari Asia Tenggara, termasuk Singapura. Oleh karena itu, tercatat ada beberapa pemain Singapura yang pernah bermain di Liga Indonesia.

Beberapa pemain bahkan mampu mencatatkan prestasi gemilang di Indonesia. Sehingga mereka mampu mendapatkan tempat di hati para suporter klub Tanah Air.

Letak geografis Singapura dan Indonesia yang berdekatan pula membuat hubungan sepak bola kedua negara itu tak bisa dilepaskan. Lantas, siapa saja pemain Singapura yang pernah bermain di Liga Indonesia?

Baca Juga:
Shin Tae-yong Resmi Coret Egy Maulana Vikri dari Timnas Indonesia Jelang Lawan Burundi, Ini Alasannya

1. Noh Alam Shah

Satu nama ini tentunya sangat diingat oleh publik sepak bola Indonesia. Pasalnya, ia pernah menjadi bintang yang mencuri perhatian di kompetisi sepak bola Tanah Air.

Noh Alam Shah tercatat pernah membela Arema Indonesia pada 2009-2011. Bersama Singo Edan, eks kapten Timnas Singapura itu memberikan gelar Liga Indonesia 2009.

Baca Juga:
7 Pemain Keturunan Timnas Indonesia U-20 Jelang TC di Korea Selatan, Belanda hingga Kanada

Setelah dari Arema, Noh Alam Shah juga tercatat pernah membela Persib Bandung pada 2012 dan PSS Sleman pada 2013. Setelah dari Indonesia, ia pulang ke Singapura dan pensiun di Tampines Rovers.

2. Baihakki Khaizan

Namanya juga populer karena datang ke Indonesia pada periode yang sama seperti Noh Alam Shah. Namun, Baihakki membela Persija Jakarta pada 2009-2010.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Liga Europa, Marcus Rashford Makin di Depan

Bek jangkung itu kemudian membela Persib Bandung pada 2010-2011, lalu pergi ke Medan Chiefs pada 2011. Setelah dari Indonesia, ia memutuskan pulang ke Singapura.

Baihakki lantas membela beberapa tim lain di Asia Tenggara, mulai dari Malaysia hingga Thailand. Baihakki Khaizan lantas pensiun pada 2022 saat membela Tampines Rovers.

3. Muhammad Ridhuan

Baca Juga:
Doa Netizen Terkabul, Stefano Lilipaly Resmi Dipanggil Timnas Indonesia Gantikan Egy Maulana Vikri

Selain Noh Alam Shah, pemain andalan timnas Singapura yang pernah bersinar bersama Arema Indonesia ialah Muhammad Ridhuan.

Saat Noh Alam Shah pindah ke Persib, Ridhuan tetap setia bersama Arema Indonesia hingga 2010. Bahkan, ia sempat memperkuat Arema Indonesia versi IPL (2011-2012).

Setahun berselang, dia masih tetap setia bersama Arema Cronus, tapi akhirnya memperkuat Persisam Putra Samarinda pada 2013.

4. Agu Casmir

Pemain naturalisasi Singapura, Agu Casmir, juga sempat memiliki pengalaman bermain di Indonesia. Salah satu klub yang pernah menggunakan jasa pemain asal Nigeria ini adalah Persija Jakarta pada tahun 2010.

Selain Persija, Agu Casmir juga sempat membela Persebaya Surabaya pada 2014. Di tahun 2015, ia pensiun setelah membela klub Singapura, Warriors FC.

5. Fandi Ahmad

Ketika kompetisi sepak bola Indonesia masih terbagi menjadi Perserikatan dan Galatama, ada pemain sepak bola asal Singapura yang cukup terkenal saat itu, yakni Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad merupakan legenda sepak bola Singapura yang sempat bermain bersama klub besar di Galatama, Niac Mitra. Namun, ia hanya setahun bermain bersama Niac Mitra, karena semusim berikutnya dia direkrut klub asal Belanda, FC Groningen.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha