Husna Rahmayunita
Timnas Uzbekistan U-20 juara Piala Asia U-20 2023. (Instagram/@uzbekistanfa)

Gol.bolatimes.com - Timnas Uzbekistan U-20 keluar sebagai juara Piala Asia U-20 2023 usai menundukkan Irak dengan skor 1-0 di final yang berlangsung di Stadion Bunyodkor, Tashkent, Sabtu (18/3/2023) malam waktu setempat.

Tuan rumah UzbekistanU-20 mengunci gelar juara Piala Asia U-20 2023 berkat gol semata wayang Umarali Rahmonaliev pada menit ke-72.

Ini menjadi gelar juara perdana bagi Uzbekistan U-20 di Piala Asia U-20 2023, seperti dikabarkan laman resmi AFC.

Baca Juga:
Hasil All England 2023: Fajar/Rian Susul The Daddies ke Final, Indonesia Kunci Satu Gelar

Uzbekistan U-20 menang di kandang sendiri setelah prestasi terbaik sebelumnya menjadi runner up di Piala Asia U-20 edisi 2008. Kemenangan ini juga membawa menyamai rekor Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Irak, sebagai negara-negara yang telah memenangi gelar Piala Asia di level usia U-17, U-20, dan U-23.

Selanjutnya, Uzbekistan akan mengikuti Piala Dunia U-20 di Indonesia Mei mendatang sebagai juara level benua. Baik Uzbekitan maupun Irak merupakan rival Timnas Indonesia pada fase grup Piala Asia U-20 2023.

Jalannya laga Uzbekistan vs Irak di final Piala Asia U-20 2023

Baca Juga:
Usai Sama-sama Dapat Panggilan Timnas Indonesia U-20 dan Belanda, Justin Hubner Pamer Jersey Ini

Secara umum, Uzbekistan kalah penguasaan bola dari Irak sepanjang pertandingan. Uzbekistan hanya mencatatkan 43,4 persen penguasaan bola, sedangkan Irak mengukir catatan 56,6 persen penguasaan bola.

Untuk catatan tembakan, Uzbekistan membukukan 12 tembakan, unggul atas Irak yang hanya mencatatkan sembilan tembakan. Namun kedua tim memiliki koleksi yang sama untuk tembakan ke gawang, yakni empat.

Peluang pertama pada laga ini dimiliki oleh tuan rumah Uzbekistan melalui Asadbek Jurboev yang memiliki tiga kesempatan untuk membuka keunggulan dalam 25 menit pertama, namun ketiga-tiganya gagal berbuah menjadi gol.

Baca Juga:
Menilik Potensi Timnas Indonesia U-20 Masuk Grup Ringan di Piala Dunia U-20 2023, Bisa Jumpa Israel

Sundulan yang melambung di atas mistar gawang Irak pada menit kelima, diikuti kegagalan lainnya sembilan menit kemudian. Jurboev kemudian mencoba menyambar bola mendatar kiriman Makhmudjon Makhamadjonov namun sentuhannya belum mampu merepotkan kiper Irak.

Irak jarang mengancam pada babak pertama yang didominasi tuan rumah. Tendangan bebas Abdulrazzaq Qasim melambung ke atas mistar gawang Uzbekistan, sedangkan kiper Otobek Boymurodov mampu dua kali menggagalkan sepakan jarak dekat Ali Jasim.

Permainan Irak mulai membaik pada babak kedua. Jasim mengirim umpan terobosan ke arah pergerakan Abdulqader Ayoob, namun kiper Uzbekistan mampu bergerak cepat untuk memblok upaya tersebut.

Baca Juga:
Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Malaysia Agendakan Hadapi Negara Kuat Eropa di FIFA Matchday Juni 2023

Uzbekistan mencoba membalas. Bola panjang kiriman Nodirbek Abdularrazzakov tertuju kepada Abbosbek Fayzullaev ke kotak penalti. Sajjad Mohammed kemudian melakukan pelanggaran terhadap pemain sayap itu di kotak terlarang, yang membuat wasit menghadiahi penalti kepada Uzbekistan.

Kapten Rahmonaliev tidak melakukan kegagalan saat mengeksekusi penalti tersebut.Pada fase akhir pertandingan, kedua tim masih saling berjual-beli serangan.

Kiper Irak Hussein Hasan dapat menggagalkan upaya Abdurrazzokov dan Jakhongir Uruzov nyaris mencetak gol bunuh diri. Namun Uzbekistan mampu mempertahankan keunggulan tipis sampai peluit panjang berbunyi. Sko 1-0 untuk kemenangan tuan rumah, demikian dimuat Antara.