Irwan Febri Rialdi
Calon bek timnas Indonesia U-20, Justin Hubner cetak gol kemenangan untuk klubnya Wolves U-21. (Instagram/wolvesacademy)

Gol.bolatimes.com - Justin Hubner kini dihadapkan pada jadwal padat setelah mendapat panggilan mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 dan Belanda U-20.

Pemain keturunan Belanda-Indonesia itu dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20 yang bakal dimulai pada 20 Maret mendatang.

Akan tetapi, pemain Wolverhampton Wanderers tersebut nyatanya juga dipanggil oleh Timnas Belanda U-20. Ia lolos seleksi Der Oranje Junior yang akan menghadapi laga persahabatan pada 25 Maret.

Baca Juga:
Link Live Streaming Arema FC vs Persikabo 1973, Kick-off 15.00 WIB

Tidak tanggung-tanggung, Belanda U-20 dijadwalkan menghadapi Prancis U-20 pada jeda internasional mendatang. Tentunya ini akan menjadi jadwal yang padat buat Justin Hubner.

Tentu tidak mungkin untuk seorang pemain membela dua tim nasional, oleh karena itu Justin Hubner harus menentukan pilihan. Apakah membela Garuda Nusantara atau Belanda.

Meski belum berstatus WNI, Justin Hubner sudah sempat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki dan Spanyol pada Oktober-November 2022.

Baca Juga:
Media Vietnam Ejek Stadion Patriot Candrabhaga, Kualitas Rumputnya Disebut di Bawah Rata-rata

Awalnya, Justin Hubner diproyeksikan untuk dinaturalisasi sebelum gelaran Piala Asia U-20 2023, namun hingga saat ini proses naturalisasinya masih mandek.

Oleh karena, pemain berusia 19 tahun tersebut diharapkan bisa membela Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023. Di tengah semua kondisi ini, Justin Hubner justru punya kesempatan membela Timnas Belanda U-20.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan pihaknya tak mencemaskan pemanggilan Justin Hubner oleh Timnas Belanda U-20 karena sang pemain sudah berkomitmen menjadi WNI demi membela Timnas Indonesia U-20. 

Baca Juga:
Efek Asnawi Mangkualam, Jeonnam Dragons Berikan Dukungan kepada Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023

"Selama dia konsisten dan berkomitmen (menjadi WNI-red) tidak ada yang perlu dicemaskan," ujar Indra di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023). 

Indra Sjafri menerangkan saat ini proses naturalisasi Justin Hubner dan dua pemain keturunan lain yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick telah sampai di DPR. Ketiganya diproyeksi membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Kabar terbaru, Justin Hubner dan dua pemain keturunan lainnya disebutkan akan menjalani rapat dengan DPR pada 20 Maret 2023

Baca Juga:
Pemain Timnas Indonesia U-20 Kegirangan usai Main Penuh Bareng Persija Jakarta

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha