Husna Rahmayunita
Potret pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Beberapa dampak positif berpotensi didapatkan Timnas Indonesia andai benar terwujud menghadapi Argentina pada agenda FIFA Matchday periode Juni 2023 mendatang.

Adapun, opsi soal Argentina untuk menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday periode berikutnya disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali.

“Ketum (Erick Thohir) komunikasi dengan beberapa federasi nasional masing-masing dan katanya akan mengundang di FIFA Matchday bulan Juni itu sudah ada Palestina akan main. Dan yang sedang diusahakan itu Argentina,” ujar Zainudin Amali saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Jumat (17/3).

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini: Duel Persib Bandung vs Dewa United

Janji Erick Thohir untuk menghadirkan lawan berkualitas dengan ranking FIFA yang tinggi sebagai lawan Timnas Indonesia perlahan diwujudkan. Di antaranya dengan kepastian Palestina sebagai lawan di FIFA Matchday Juni 2023.

Karena masih ada satu kuota lawan yang bisa diisi, PSSI disebut sedang melakukan lobi dengan Federasi Sepak Bola Argentina untuk menjadi lawan Timnas Indonesia.

Berikut beberapa dampak positif andai Timnas Indonesia jika melawan Argentina!

Baca Juga:
Fahry Septian Putratama, Pemain Terbaik Proliga 2023

1. Ranking FIFA Bisa Naik

Tim berjuluk La Albiceleste ini merupakan juara bertahan Piala Dunia 2022 dan saat ini berada di peringkat kedua FIFA. Jika mampu meraih hasil atas Argentina, maka bisa berimbas pada ranking FIFA Indonesia.

Dengan meraih hasil imbang saja, maka tambahan poin yang akan diperoleh Indonesia akan sangat signifikan, apalagi jika mampu mengalahkan Lionel Messi cs.

Baca Juga:
Kalah dari Fajar/Rian di Final All England 2023, The Daddies Akui Kelelahan

2. Persiapan Penting Sebelum Piala Asia

Piala Asia 2023 memang masih belum jelas kapan akan dimulai di Qatar, namun besar kemungkinan ajang ini berlangsung pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024.

Melawan tim sekelas Argentina tentu akan sangat membantu Timnas Indonesia dalam persiapan menghadapi Piala Asia yang juga dihuni tim-tim kuat di Asia.

Baca Juga:
Perkasa, Jakarta LavAni Allo Bank Juara Proliga 2023

Modal melawan Tim Tango bisa menjadi pelajaran dan bahan evaluasi yang nantinya bisa dimaksimalkan dan diperbaiki oleh skuad Garuda demi tampil apik di Piala Asia 2023.

3. Melawan Pemain Dunia dan Tim Kuat

Jika Argentina akan menjadi lawan tanding di FIFA Matchday Juni 2023, maka hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia dari segi permainan.

Sebab, Argentina merupakan negara kuat dan masuk kategori tim nasional Grade A, yang bisa membuat para pemain Timnas Indonesia belajar satu dua hal saat kedua tim bersua.

Argentina juga dihuni oleh para pemain yang kini berlabel pemain bintang dunia. Tentunya pertemuan dengan para pemain dunia ini akan menjadi pengalaman berharga buat Timnas Indonesia, baik pemain maupun pelatih.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha