Galih Prasetyo
Justin Hubner di laga Brighton U-21 vs Wolverhampton U-21. (Twitter/@WolvesAcademy)

Gol.bolatimes.com - Tiga calon pemain naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick mendapat rekomendasi dari DPR RI terkait pemberian status warga negara Indonesia.

Hasil itu didapat setelah Komisi III dan X mengadakan rapat kerja dengan Plt Menpora Muhadjir Effendy yang dihadiri Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Ratu Tisha Destria, Anggota Exco PSSI Endri Erawan, Sekjen Yunus Nusi, dan Direktur Teknik Indra Sjafri di Gedung DPR RI Senayan pada Senin (20/3).

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan bahwa pihaknya memberikan rekomendasi pemberian status WNI kepada ketiganya.

Baca Juga:
Sah! Komisi X DPR RI Setuju dengan Proses Naturalisasi Tiga Pemain Keturunan, Siap Tampil di Piala Dunia U-20 2023 Nih

“Memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI tiga atlet sepakbola atas nama Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner dan Rafael William Struick, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Huda seperti dikutup dari laman resmi PSSI.

Meski memberikan persetujuan untuk pemberian status WNI kepada tiga pemain tersebut, pihak Komisi III dan X DPR RI memberikan catatan penting.

Komisi III dan X DPR RI meminta pihak PSSI juga memperhatikan soal pembinaan usia muda harus bisa dirancang dengan baik. Road map pembinaan atlet usia muda sangat penting agar naturalisasi tidak sering dilakukan.

Baca Juga:
Masuk Skuad Timnas Indonesia vs Burundi, Pemain Naturalisasi Janji Tampil All Out

Sementara itu, wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan bahwa naturalisasi adalah program jangka pendek dan pihak PSSI memiliki road map untuk pembinaan pemain muda.

"Kehadiran ketiga atlet tersebut sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Mereka juga sudah banyak berpengalaman bermain di Liga Eropa. Naturalisasi adalah proses jangka pendek, pembinaan tetap masuk dalam proses jangka panjang," ungkapnya.

Baca Juga:
Daftar 4 Pemain Naturalisasi Baru Timnas Malaysia di FIFA Matchday Maret 2023