Muhammad Ilham Baktora
Pemain keturunan Indonesia, Rafael Struick. (Instagram/rafaelstruick)

Gol.bolatimes.com - Komisi X dan III DPR RI telah menerima rekomendasi kewarganegaraan terhadap tiga pemain keturunan yakni, Ivar Jenner, Justin Hubner dan Rafael Struick untuk selanjutnya menjadi WNI.

Meski mendapat tambahan amunisi pemain sepak bola yang berkarier di Eropa, Plt Menpora yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy meminta langkah naturalisasi adalah jalan terakhir.

Bukan tanpa alasan, banyaknya pemain keturunan yang dinaturalisasi berpotensi menyingkirkan talenta anak muda Indonesia di bidang sepak bola.

Baca Juga:
Asisten Shin Tae-yong Unggah Pesan Menyentuh yang Bikin Publik Penasaran

"Keputusan dari Komisi X sudah menyetujui rekomendasi. Namun mereka juga menyampaikan naturalisasi adalah langkah paling ujung untuk membangun olahraga Nasional," ujar Muhadjir Effendy dikutip dari laman resmi PSSi, Senin (20/3/2023).

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy tidak menolak pemain-pemain untuk dinaturalisasi. Namun sebelum memutuskan untuk memanggil pemain keturunan, sebaiknya membentuk para pemain bertalenta.

Langkah naturalisasi juga digunakan ketika memang tidak ada talenta atau pemain yang berbakat di posisi dalam permainan sepak bola.

Baca Juga:
Pemain Sering Dipanggil Timnas Jadi Salah Satu Masalah Thomas Doll di Persija

Muhadjir Effendy mengingatkan kembali jangan sampai pemain naturalisasi ini menutup talenta terbaik anak bangsa yang mampu bersaing secara internasional.

"Jadi perlu adanya strategi atau semacam blue print untuk pengembangan olahraga di Indonesia, seperti sepak bola dan basket," terang dia.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong sedang meracik komposisi pemain Timnas Indonesia untuk dibawa ke Piala Dunia U-20. Nama pemain keturunan menjadi rekomendasinya untuk bisa bermain untuk skuad Garuda Nusantara.

Baca Juga:
Tanpa Full Team Hadapi Uzbekistan di Piala Asia U-20, Shin Tae-yong Lebih Pede Menatap Piala Dunia U-20, Ini Alasannya

Tiga nama yang dipilih Shin Tae-yong di antaranya, Justin Hubner, Ivar Jenner dan juga Rafael Struick. Ketiganya diproyeksikan untuk bertarung di Piala Dunia U-20.