Muhammad Ilham Baktora
Momen Shin Tae-yong memberi aba-aba ke pemainnya saat bertanding. (Instagram/@shintaeyong7777)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ikut bersemangat dengan rencana PSSI yang akan mengundang Timnas Argentina di laga persahabatan dalam FIFA Matchday tahun ini.

Shin Tae-yong berharap rencana itu benar-benar terealisasi dan bukan menjadi rumor belaka.

Sebelumnya, Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjalani laga persahabatan di 2023 ini. Pertama pada Maret, Juni dan selanjutnya November.

Baca Juga:
Rumput Stadion Patriot Candrabhaga Diejek Media Vietnam, Dispora Kota Bekasi Buka Suara

Pada bulan Maret ini Timnas Burundi sudah menerima undangan PSSI untuk melakoni FIFA Matchday di Indonesia. Burundi akan menghadapi Indonesia dua match pada 25 dan 28 Maret.

Selanjutnya pada bulan Juni, Indonesia disebutkan akan berhadapan dengan Palestina. Namun pertandingan itu hanya digelar dalam satu match saja, maka dari itu Indonesia membutuhkan satu tim lagi dan pilihannya jatuh ke Timnas Argentina.

Shin Tae-yong menanggapi rencana itu dengan semangat. Namun, PSSI yang berkoordinasi dengan federasi sepak bola Argetina diminta sungguh-sungguh bisa mendatangkannya. Jangan sampai hal itu hanya rumor atau asal bicara saja.

Baca Juga:
Janji Riko Simanjuntak usai Dapat Panggilan Kembali Bela Timnas Indonesia

"Saya minta tolong semoga ini benar terjadi [mendatangkan Timnas Argentina]. Jangan bicara saja," ungkap Shin Tae-yong, Selasa (21/3/2023).

Wacana mendatangkan tim yang berisi pemain bintang seperti Lionel Messi ini sudah dijelaskan oleh Waketum PSSI, Zainudin Amali. Koordinasi bersama Ketum PSSI, Erick Thohir dirinya berniat mendatangkan Timnas Argentina di bulang Juni nanti.

"Mungkin di bulan Juni ada Timnas Palestina, mereka akan bermain dengan kita. Dan kita juga usahakan Argentina juga, mudah-mudahan bisa," terang Zainudin.

Baca Juga:
Kocak, Momen Shin Tae-yong Sulit Bedakan Yance dan Yakob Sayuri saat Latihan Timnas Indonesia

Meski belum bisa memastikan apakah yang datang Timnas Argentina senior atau kelompok umur, Zainudin menyeut bahwa komunikasi itu masih berjalan.

"Kita juga belum tahu tim mana yang datang. Bisa saja U-23 atau tim berapa, tapi pak Erick akan mendatangkan tim-tm besar. Sekarang bagaimana kesiapan kita," sebutnya.

Timnas Indonesia sedang fokus dalam persiapan menghadapi Timnas Burundi Sabtu (25/3/2023) nanti. Sebanyak 28 pemain sudah dipanggil.

Para pemain saat ini menyiapkan pemusatan latihan. Meski belum tahu kekuatan Burundi, skuad Garuda harus mamp menyiapkan mental dan hasil terbaik di laga persahabatan itu.

Bukan tanpa alasan, secara ranking Timnas Burundi lebih baik dari anak asuh Shin Tae-yong. Di mana Burundi berada di peringkat 141 FIFA. Sementara Indonesia ada di peringkat 151 FIFA.