Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Riko Simanjuntak usai cetak gol kemenangan Persija Jakarta atas PSIS Semarang 1-0. (Dok. Persija)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkap alasan terkait pemanggilan winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, dalam skuat Garuda untuk melawan Beranda dalam FIFA Matchday pada 25 dan 28 Maret 2023.

Pemanggilan Riko Simanjuntak tentu membuat kejutan mengingat usianya yang sudah 31 tahun, bukan usia pemain kegemaran pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Namun, Shin Tae-yong menyebut pemanggilan Riko Simanjuntak berdasarkan performa sang pemain bersama Persija di BRI Liga 1 2022/2023. Pemain asal Medan itu mengoleksi empat gol dan enam assist dari 27 pertandingan.

Baca Juga:
Timnas Burundi Sudah Terbang ke Jakarta, Siap-siap Jajal Kekuatan Skuad Garuda

Shin Tae-yong pun menantang pemain Indonesia lainnya untuk tampil apik di BRI Liga 1 jika ingin dipanggil ke Timnas Indonesia.

"Alasan mengapa kita memilihnya (Riko Simanjuntak) karena menampilkan performa yang apik di Liga 1," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Senin (20/3/2023).

"Jadi, kalau pemain tampil bagus di liga, pasti saya akan pilih, dan saya pun akan terbuka soal itu," jelas Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Ngakak, Momen Heboh Shin Tae-yong saat Bertemu Riko Simanjuntak di TC Timnas Indonesia

"Untuk meningkatkan FIFA Ranking Indonesia, saya selalu terbuka. Saya berharap semua pemain Indonesia menunjukkan yang terbaik di liga."

Riko Simanjuntak sudah lama tak berseragam Garuda. Sebelum dipanggil ke Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday Maret 2023, ia kali terakhir membela skuad Garuda pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 2019.

Baca Juga:
Sempat Bilang 'Lucu', Ini Momen Stefano Lilipaly saat Bertemu Shin Tae-yong di TC Timnas Indonesia