Muhammad Ilham Baktora
Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik di fase grup Piala AFF 2022. (Dok. affmitsubishielectriccup.com)

Gol.bolatimes.com - Jeonnam Dragons harus rela menempati peringkat papan bawah klasemen K League 2 setelah dipermalukan Gimpo FC di lanjutan pertandingannya musim ini. Jeonnam Dragons yang bermain di kandang, dihajar Gimpo FC dengan skor 2-0 di Stadion Gwangyang, Minggu (19/3/2023).

Kekalahan itu juga bersamaan tak dimainkannya Asnawi Mangkualam. Meski bukan menjadi penyebab kekalahan tim, ada alasan lain yang membuat pemain 23 tahun ini tak diterjunkan pelatih di laga tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memanggil seluruh pemainnya yang sedang berkarier di luar negeri. Hal itu menyusul dengan persiapan tim untuk menghadapi Timnas Burundi di FIFA Matchday bulan Maret ini.

Baca Juga:
6 Pemain yang Belum Gabung TC Timnas Indonesia Jelang Lawan Burundi

Asnawi Mangkualam salah satunya. Mantan pemain Ansan Greeners ini mendapat panggilan untuk kembali ke tanah air menjalani pemusatan latihan bersama skuad Garuda.

Pada waktu yang bersamaan dengan pemanggilannya, tim yang dibela Asnawi juga menjalani pertandingan terakhir sebelum jeda internasional.

Jeonnam Dragons menghadapi Gimpo FC pada Minggu kemarin. Sayang hasilnya di luar ekspektasi. Skuad asuhan Lee Jang-kwan kalah telak 2-0.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Langsung Telepon Justin Hubner usai Dengar Dipanggil Belanda, Panik?

Asnawi tak dimainkan menyusul dengan pemanggilannya ke Timnas Indonesia. Klub juga sudah mengizinkan pemainnya untuk kembali ke tanah air.

Di sisi lain, Asnawi juga masih terakumulasi kartu merah akibat pertandingan terakhirnya di K League 2 menghadapi Gyeongnam FC, sehingga kesempatan membela tim juga tak bisa.

Sejauh Asnawi berseragam Jeonnam Dragons, timnya belum mendapat hasil positif. Dua pertandingan yang dilakoni berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Shayne Pattynama Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia di Stadion PTIK, Benarkah?

Perlu waktu cukup banyak bagi Asnawi untuk beradaptasi di klub barunya. Tak berbeda jauh seperti saat membela Ansan Greeners, Asnawi membutuhkan waktu untuk bisa menyelaraskan performa dia dengan rekan lainnya yang lebih dulu di dalam skuad.

Saat ini, Asnawi sudah menjalani latihan perdananya di Jakarta. Shin Tae-yong langsung menggelar latihan teknik dan fisik seperti dibagikan kanal YouTube PSSI.

Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday menghadapi Burundi sebanyak dua pertandingan. Jadwal pertama pada 25 Maret dan laga kedua dilaksanakan pada 28 Maret 2023.