Muhammad Ilham Baktora
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan menjalani debut bersama KMSK Deinze saat menghadapi Jong Genk di Challenger Pro League, Sabtu (25/2/2023). (YouTube/Update Bola)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menyebutkan bahwa Marselino Ferdinan tak bisa diganggu untuk sementara waktu. Bahkan PSSI diminta tidak perlu menekan klub KMSK Deinze untuk bisa melepas Marselino saat ini.

Hal itu menyusul dengan upaya klub yang masih membutuhkan Marselino Ferdinan untuk beradaptasi dengan klub Liga 2 Belgia.

Timnas Indonesia U-20 mulai bersiap untuk melakoni pertandingan bergengsi yakni Piala Dunia U-20 2023. Pertandingan akan dimulai pada Mei mendatang.

Baca Juga:
Jelang Lawan Burundi, Pemanggilan Wonderkid Persija Jakarta ke Timnas Indonesia jadi Sorotan Media Malaysia

Sebanyak 29 pemain sudah dipanggil. Baik dari klub-klub di Liga 1 hingga pemain keturunan dan pemain abroad di luar negeri.

Nama Marselino Ferdinan untuk kedua kalinya dipanggil oleh Shin Tae-yong. Ia diproyeksikan untuk membela skuad Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20.

Namun dalam pemanggilan itu, Shin Tae-yong mengaku bahwa manajemen KMSK Deinze meminta Indonesia tidak mengganggu Marselino terlebih dahulu.

Baca Juga:
Lionel Messi dkk sudah Berkumpul, Timnas Argentina bakal Hadapi Korban Timnas Indonesia di FIFA Matchday

"Saya sempat video call sebelum berangkat ke Uzbekistan [pada Piala Asia U-20] dengan PIC Marselino. Jadi mereka mau Marselino tetap tinggal di Belgia agar adaptasi dulu, jadi minta jangan dipanggil dulu," terang Shin Tae-yong dikutip dari Suara.com, Selasa (21/3/2023).

Permintaan itu dibalas positif oleh Shin Tae-yong. Ia menghormati kebijakan klub untuk benar-benar memberikan pengalaman lebih agar Marselino Ferdinan berkembang.

"Dan saya sudah janji tidak memanggil sampai matchday saat ini," terang pelatih 52 tahun tersebut.

Baca Juga:
Pro dan Kontra Israel di Piala Dunia U-20 2023, Bali Sudah Tegas Menolak

Marselino Ferdinan menjadi pemain yang cukup diandalkan bagi Shin Tae-yong. Performanya di Timnas Indonesia U-20, mampu menambah daya gedor lini serang skuad Garuda nanti.

Meski begitu, Marselino Ferdinan diharapkan tak mengalami penurunan performa saat bermain dengan rekan setimnya di Piala Dunia U-20.

Pagelaran sepak bola dunia U-20 tersebut akan dihelat di Indonesia. Nantinya dimulai pada 20 Mei - 11 Juni 2023. Turnamen ini juga menjadi kesempatan Timnas Indonesia kelompok umur unjuk gigi ke lawan-lawan tangguhnya di Piala Dunia.