Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
2 pemain keturunan, Ivar Jenner dan Justin Hubner yang akan dinaturalisasi. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - DPR RI telah menggelar Sidang Paripurna pada Selasa (21/3/2023). Hasilnya, DPR RI menyetujui naturalisasi tiga calon pemain Timnas Indonesia U-20 yaitu Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Hasil rapat pun menyetujui ketiga pemain berdarah Belanda tersebut untuk dinaturalisasi.

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Rafael Struick setelah menjebol gawang Slovakia U-20 (Dok. PSS).

Sebelumnya, proses naturalisasi tiga pemain tersebut sudah dibahas di Komisi III dan Komisi X. Kedua belah pihak pun setuju hingga akhirnya bisa melangkah ke rapat Paripurna DPR RI yang disetujui anggotanya.

Baca Juga:
Jelang Bulan Ramadan, Shin Tae-yong Minta Saran Ustaz untuk Para Pemain Timnas Indonesia

"Sesuai dengan ketentuan pasal 20 undang-undang no 12 tahun 2006, sesuai dengan hasil rapat konsultasi antara pimpinan DPR RI dengan fraksi-fraksi menyetujui hasil pembahasan komisi 3 dan 10 untuk diputuskan pada rapat paripurna," kata Ketua Umum DPR RI, Puan Maharani, dilansir dari kanal YouTube DPR RI.

Dengan persetujuan paripurna ini, maka PSSI tinggal menantikan Keputusan Presiden. Kemudian akan diambil sumpahnya menjadi WNI.

Adapun Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Tiga pemain tersebut diminta langsung oleh Pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Media Vietnam Bertaruh, Justin Hubner bakal Pilih Timnas Indonesia U-20 ketimbang Belanda, Ini Alasannya

Kehadiran ketiganya diperlukan untuk menambah kuat Timnas Indonesia U-20. Sebab, di Piala Dunia nanti, skuad Garuda Nusantara akan menghadapi lawan-lawan kuat sehingga bisa bersaing.

"Kehadiran ketiga atlet tersebut sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong," ujar wakil ketua umum PSSI Zainudin Amali, Senin (20/3/2023).

"Mereka juga sudah banyak berpengalaman bermain di Liga Eropa. Naturalisasi adalah proses jangka pendek, pembinaan tetap masuk dalam proses jangka panjang," pungkasnya.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Penampilan Apik Messidoro Bawa Persis Solo Petik 3 Poin di Markas Barito Putera