Galih Prasetyo
Kondisi Suram Pemusatan Latihan Manchester United yang Lahirkan Class of 92 (Mail Online)

Gol.bolatimes.com - Manchester United salah satu klub di Eropa yang sempat lahirkan pemain terbaik dari akademi milik mereka. Tim berjuluk Red Devils tersebut sempat memunculkan generasi emas yang disebut Class of 92.

Mereka yang disebut Class of 92 merupakan legenda hidup Manchester United, seperti David Beckham, Paul Scholes, Neville bersaudara dan Ryan Giggs. Sebenarnya masih banyak pemain yang jadi jebolan Class of 92.

Class of 92 merupakan sebutan para pemain muda yang lulus dari akademi pada 1992. Para pemain ini menimba ilmu sepak bola di tempat yang disebut The Cliff, sebuah tempat training ground berlokasi di Salford, Inggris.

Baca Juga:
Profil Kolo Muani, Striker Andalan Baru Timnas Prancis yang Jadi Incaran Manchester United

Pada periode ke belakang, The Cliff merupakan detak jantung Manchester United. Bisa dibilang The Cliff adalah pabrik dibentuknya talenta muda terbaik untuk bermain di Old Trafford.

Kekinian kondisi The Cliff membuat kecewa pendukug Manchester United. Mengutip dari laporan Mail Online, The Cliff hari ini terlihat suram, tak terurus dan diabaikan.

"The Cliff hari ini terlihat suram dan diabaikan setelah bertahun-tahun kekurangan investasi," tulis laporan media Inggris tersebut.

Baca Juga:
Buntut Polemik di Indonesia, Wonderkid Manchester United Berpeluang Unjuk Gigi Di Piala Dunia U-20 2023

Menurut pengakuan fans United, kondisi miris ini disebabkan abainya keluarga Glazers sebagai pemilik klub.

"Jika Anda ingin tahu tentang Glazers, apa yang mereka lakukan kepada klub ini, datanglah ke The Cliff," ujar salah satu suporter United.

"Tempat itu seharunya bisa beralihfungsi jadi museum karena memiliki banyak sejarah membanggakan. Tapi hampir tidak ada uang yang dihabiskan untuk itu. Peninggalan 20 tahun hancur berkeping-keping," lanjutnya.

Baca Juga:
Manchester United di Atas Angin, Harry Maguire Ogah Ingat-ingat Kekalahannya saat Bermain di Awal Musim

The Cliff awalnya adalah lapangan olahraga yang menjadi markas klub rugby, Broughton Rangers. Pada 1933, Manchester United kemudian membeli tempat ini sebagai sarana latihan.

Pada 1999, The Cliff sempat menjadi tempat pelatihan untuk tim utama Manchester United. Namun kemudian pemain dari tim utama United pindah ke Carrington.

Baca Juga:
Tinggalkan Manchester United, Cristiano Ronaldo Mengaku Jadi Pria Lebih Baik