Irwan Febri Rialdi
Piala Dunia U-17 Peru 2023. (YouTube/Sport7ID)

Gol.bolatimes.com - Indonesia diyakini bisa menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 setelah FIFA membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2023. 

Kabar munculnya penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang bisa dibidik Indonesia ini merupakan event pengganti untuk selamat dari sanksi FIFA setelah Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember tahun ini untuk menggantikan Peru yang belum lama ini memutuskan mundur.

Baca Juga:
Media Vietnam Sebut Shin Tae-yong Bakal Mundur dari Pelatih Timnas Indonesia, Piala Dunia Jadi Pemicunya

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberi bocoran akan ada ajang lain setelah pembatalan pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Insya Allah tahun ini. Apa yang dianggarkan kemarin, renovasi Stadion Manahan yang sudah kami jalankan tidak mubazir," kata Gibran dilansir dari ANTARA, Kamis (30/3/2023).

Jika benar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, tentu ada beberapa modal berharga yang sudah dimiliki.

Baca Juga:
Diwarnai Baku Hantam, Media Inggris Sebut Laga Garuda Select vs AFC Bournemouth Menjijikkan

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Indonesia bisa maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

1. Stadion dan Fasilitas Siap

Salah satu modal berharga bagi Indonesia untuk bisa mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 ialah faktor kesiapan stadion dan fasilitas penunjang lainnya.

Baca Juga:
Bak Ring Tinju, Kemenangan Garuda Select Atas Bournemouth Ternoda dengan Aksi Baku Hantam di Atas Lapangan

Indonesia sudah bekerja keras untuk merenovasi stadion dan memperbaiki lapangan pendamping demi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Namun, karena batal menjadi tuan rumah, fasilitas ini tentunya bisa digunakan untuk menggelar ajang Piala Dunia U-20 2023.

2. Tidak Ada Israel sebagai Pesertanya

Baca Juga:
Tak Canggung, Rezaldi Hehanussa Siap Hadapi Persija di Depan The Jakmania

Sejauh ini, Israel belum lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 yang awalnya berlangsung di Peru. Tentu saja, ini menjadi catatan yang positif.

Sebab, kehadiran Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 2023 sempat membuat gonjang ganjing Indonesia dan membuat status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan.

Faktor ketiadaan Israel sebagai peserta  inilah bisa menjadi modal untuk meyakinkan FIFA agar Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia.

3. Belum Ada Tuan Rumah Baru

Sejak Peru memutuskan mengundurkan diri sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023, sampai saat ini masih belum ada negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah baru.

Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan berharga bagi PSSI dan Indonesia untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah yang baru menggantikan Peru.

Jika belum ada negara lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, peluang Indonesia untuk memenangkan gelaran ini bisa lebih besar.

Kontributor: M Faiz Alfarizie