Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-22 gelar acara potong tumpeng usai terhindar dari sanksi berat FIFA. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Skuad Timnas Indonesia U-22 sempat cemas tak bisa tampil di SEA Games 2023. Namun, mereka akhirnya lega setelah mendapat kabar dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Timnas Indonesia U-22 dipastikan bisa main di SEA Games 2023, setelah Indonesia terhindar dari sanksi berat FIFA buntut pencoretan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Tim Merah Putih menggelar acara potong tumpeng sebagai tanda syukur Indonesia bebas dari sanksi berat FIFA di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (7/4/2023) malam.

Baca Juga:
Masuk Pot 4, Timnas Indonesia Berpotensi Masuk Grup Berat Piala Asia 2023

"Mereka was-was dengan nasib timnas U-22 apakah akan sama seperti timnas U-20. Bersyukur tadi malam, kami mendapat berita (terkait sanksi FIFA) dan mereka sangat senang sekali. Tadi sore saat latihan, pemain menunjukkan motivasi berbeda," ujar juru taktik Timnas U-22, Indra Sjafri seperti dimuat Antara.

Indra Sjafri mengungkapkan para pemain kini menunjukkan semangat untuk bisa mencapai target meraih medali emas dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bisa merealisasikan target medali emas di SEA Games Kamboja. Kali terakhir Merah Putih menjadi yang terbaik dalam pesta olahraga dua tahunan tersebut pada SEA Games XVI/1991 di Manila, Filipina.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Ricky Cawor On Fire, PSS Sleman Bungkam Bali United

Setelah itu, pencapaian terbaik Indonesia meraih medali perak masing-masing pada 1997, 2011, 2013, dan 2019.

Sepanjang sejarah SEA Games, Thailand menjadi negara mendominasi pada cabang sepak bola dengan mengemas 16 emas. Kemudian Malaysia di bawahnya dengan enam emas, Myanmar mengoleksi lima medali emas, dan Vietnam dengan tiga emas.

Adapun Indonesia baru dua kali menjadi yang terbaik. Selain pada 1991, sebelumnya prestasi serupa juga diraih pada SEA Games XXII/1987 di Jakarta.

Baca Juga:
Hadapi Persikabo 1973, Persik Kediri Berpeluang Samai Rekor 9 Kemenangan Beruntun PSM Makassar

Pada SEA Games 2023, Indonesia ergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sementara itu Grup B dihuni Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Laos.