Husna Rahmayunita
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Gol.bolatimes.com - Hasil drawing Piala Asia 2023 menarik untuk diikuti, apalagi turnamen ini akan jadi panggung Timnas Indonesia beraksi meski terancam masuk grup maut.

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja merilis pembagian pot drawing Piala Asia 2023. Timnas Indonesia harus menerima kenyataan jadi pemilik ranking FIFA terendah.

Rilis resmi daftar pot drawing Piala Asia 2023 dikeluarkan AFC pada Jumat (7/4/2023), terdapat 4 pot berisikan masing-masing 6 tim.

Baca Juga:
Indonesia Terhindar dari Sanksi Berat FIFA, Timnas Filipina Bernasib Apes

Penetapan tim di tiap pot sesuai peringkat FIFA per April 2023, Timnas Indonesia masuk di pot 4 bersama India, Tajikistan, Thailand, Malaysia dan Hong Kong.

Sementara para unggulan atau tim yang dijagokan mengisi pot 1, Jepang, Iran, korea Selatan, Australia dan Arab Saudi.

Sebagian tim tangguh lain berada di pot 2, Irak, Uni Emirat Arab (UEA), Oman, Uzbekistan, China dan Yordania.

Baca Juga:
Ronaldo dan Elkan Belum Kasih Jawaban, Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan Siap Main di SEA Games 2023?

Vietnam sebagai salah satu rival berat Indonesia berada di pot 3 bersama Bahrain, Suriah, Palestina, Kirgistan dan Lebanon.

Sementara drawing Piala Asia 2023 digelar pada 11 Mei 2023, tentu menarik diperhatikan di grup mana skuad Garuda bergabung.

Bisa jadi skuad Garuda masuk grup maut, mengingat Indonesia berada di pot 4 dan kemungkinan bakal berjumpa lawan tangguh.

Baca Juga:
Pelatih KMSK Deinze Ingkar Janji, Marselino Ferdinan Tak Diturunkan saat Timnya Meraih Kemenangan Tipis

Akan bersua dengan masing-masing tim pot 1, 2 dan 3. Tim-tim kuat seperti Jepang dan Korea Selatan hingga Arab Saudi pun menanti.

Bahkan berpotensi satu grup dengan rival kuat di Asia Tenggara, Vietnam yang masuk pot 3 sebagai satu-satunya wakil ASEAN di pot tersebut.

Selain itu, Australia menjadi lawan tangguh lainnya yang kemungkinan segrup dengan Indonesia, persiapan skuad asuhan Shin Tae-yong pun dipertanyakan.

Kondisi Timnas Indonesia bakal menjadi penentu sampai mana langkah Witan Sulaeman dkk menembus ajang tertinggi di level Asia ini.

Sementara Piala Asia 2023 bakal diselenggarakan di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024, berikut daftar pembagian pot drawing Piala Asia 2023.

Pot 1: Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi

Pot 2: Irak, UEA, Oman, Uzbekistan, China, Yordania

Pot 3: Bahrain, Suriah, Palestina, Vietnam, Kirgistan, Lebanon

Pot 4: India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, Hong Kong, Indonesia

Kontributor: Eko