Irwan Febri Rialdi
Pemain bertahan Manchester City, Vincent Kompany. (PAUL ELLIS / AFP)

Gol.bolatimes.com - Mantan pemain Timnas Belgia, Vincent Kompany, baru-baru ini sukses mencatatkan prestasi mentereng di karier kepelatihannya. Yang terkini, ia sukses mengantarkan Burnley meraih tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Sebagai informasi, Vincent Kompany telah memulai kariernya sebagai pelatih pada 17 Agustus 2020. Ketika itu, dia mengumumkan mengakhiri masa bermainnya untuk menjadi pelatih kepala Anderlecht. 

Bagi Vincent Kompany, Anderlecht memang menjadi klub yang sangat spesial. Sebab, bersama klub ini, Kompany mengawali kariernya di dunia sepak bola.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Urusan Paspor Beres, Benarkah Justin Hubner Didaftarkan ke SEA Games 2023?

Dia memulai berlatih bersama akademi Anderlecht pada 2000 saat berusia 14 tahun. Tiga tahun berselang, dia sukses promosi bersama tim senior saat usianya menginjak 17 tahun.

Bersama klub itu pula, Kompany pernah menjalani peran sebagai player-manager. Setahun berselang, dia memutuskan pensiun dan menjadi pelatih kepala di timnya tersebut.

Selama melatih Anderlecht, memang tak ada banyak prestasi mentereng yang mampu dipersembahkan Vincent Kompany. Catatan istimewanya justru lahir ketika berkarier di Inggris bersama Burnley.

Baca Juga:
Hadiah Juara Kompetisi di Asia Tenggara Musim 2023, Liga Indonesia Tertinggi?

Pekerjaan ini baru diperoleh Kompany pada 14 Juni 2022. Ketika itu, lelaki berusia 36 tahun ini menakhodai klub yang berkompetisi di ajang EFL Championship alias kompetisi kasta kedua Liga Inggris.

Pada debutnya sebagai manajer, Kompany sukses merasakan kemenangan setelah Burnley menang tipis dengan skor 1-0 atas Huddersfield Town via gol tunggal Ian Maatsen.

Bersama Kompany, Burnley sempat meraih lima kemenangan dan tiga kali imbang. Catatan tak terkalahkan ini berlangsung pada Oktober 2022. 

Baca Juga:
3 Alasan Dirtek Garuda Select Cocok Latih Timnas Indonesia U-17, Pengalaman Level Dunia

Capaian itulah yang membawa Kompany mendapat penghargaan sebagai EFL Championship Manager of the Month. Kiprahnya memang terhitung luar biasa.

Sebab, setelah penghargaan itu, mantan pemain andalan Manchester City ini sukses merengkuh tiga penghargaan secara berturut-turut, yakni pada Desember 2022, Januari 2023, hingga Februari 2023.

Pada 7 April 2023, Burnley pun sukses mengamankan satu tiket promosi ke kasta tertinggi atau Liga Primer Inggris pada musim depan. Hasil ini diraih setelah mereka menang 2-1 atas Middlesbrough.

Baca Juga:
Profil Michael Feichtenbeiner, Eks Pelatih Klub Indonesia yang Tangani Myanmar U-22 di SEA Games 2023

Tambahan tiga poin ini akhirnya membawa mereka merajai daftar puncak klasemen. Dari 39 pertandingan, Burnley sukses mengumpulkan 87 poin.

Kontributor: M Faiz Alfarizie