Husna Rahmayunita
Indra Sjafri usai laga uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Bhayangkara FC (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 bakal mengarungi SEA Games 2023. Namun hingga kekinian, kerangka tim untuk kejuaraan tersebut belum ditentukan.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menerangkan dirinya baru bisa menyusun kerang tim SEA Gaemes pada 19 April 2023.

Alasannya, karena belum semua pemain merapat ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-22.

Baca Juga:
Heboh Poster Rachmat Irianto Akan Lakukan Sidang Skripsi, Netizen Senggol Hokky Caraka

Garuda Muda sudah melakono tiga pertandingan uji coba, Indra Sjafri menurunkan pemain berbeda ketika menghadapi Lebanon di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (16/4/2023).

"Nah kapan kerangka tim (bisa disusun)? setelah 20 pemain. Nanti di tanggal 19 sampai tanggal 29, kami punya waktu sekitar sepuluh hari," ujarnya usai laga.

"Di situ kami akan memulai membentuk tim secara utuh yang nanti akan kita siapkan lawan Filipina, siapa yang akan main, dan kerangka timnya siapa, dan game plannya kayak apa," sambungnya.

Pertandingan melawan Lebanon pada Minggu tersebut juga menjadi laga uji coba terakhir timnas U-22 melawan tim lain. Pada uji coba pertama, timnas bermain imbang 1-1 dengan Bhayangkara FC. Kemudian kalah 1-2 dan menang 1-0 atas Lebanon.

Awalnya timnas U-22 dijadwalkan akan memainkan pertandingan uji coba terakhir melawan PSM Makassar pada Selasa (18/4) mendatang. Namun klub juara Liga 1 2022/2023 tersebut memiliki agenda lain sehingga batal menghadapi timnas U-22.

Untuk itu, pelatih Indra mengatakan ia akan menyelenggarakan pertandingan internal.

"Jadi plan B kami, kami tetap melakukan internal game resmi. Ada dua tim nanti dipegang oleh dua pelatih. Nah di situ kita akan melihat pemain-pemain yang belum kita pastikan dan kita pastikan di internal game tersebut untuk terpilih," ucap pelatih Indra.

Pelatih Indra menyatakan sampai saat ini terdapat tujuh pemain yang belum bergabung. Ketidak hadiran para pemain tersebut lebih disebabkan karena masih menjalani aktivitas bersama klub masing-masing seperti yang dilakukan oleh Ernando Ari bersama Persebaya Surabaya, atau Witan Sulaeman, Dony Tri Pamungkas, dan Rio Fahmi yang juga masih tergabung di Persija Jakarta.

Selain itu, timnas U-22 juga masih akan diperkuat dua pemain yang sampai saat ini masih berada di luar negeri, yakni gelandang KMSK Deinze (Belgia) Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan yang berkiprah di klub Tokyo Verdy (Jepang). Kedua pemain itu diperkirakan baru akan bergabung dengan skuat Garuda Muda pada 23 April.

Timnas Indonesia U-22 akan berusaha mengakhiri puasa medali emas cabor sepak bola yang telah berlangsung selama 32 tahun. Pada SEA Games Kamboja, Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Batal Adu Kekuatan Lawan PSM Makassar, Ini Gantinya

(Antara)