Rauhanda Riyantama
AC Milan lolos ke semifinal Liga Champions usai singkirkan Napoli dengan agregat 2-1. (AFP)

Gol.bolatimes.com - AC Milan menjadi salah satu tim papan atas Italia yang kini tengah bersaing menempati peringkat empat besar di akhir klasemen Serie A 2022/23.

Berstatus sebagai juara bertahan, penampilan Milan di musim ini cukup inkonsisten. I Rossoneri kerap mengalami naik turun penampilan setiap pekannya.

Hal ini tidak terlepas dari pecahnya fokus karena Milan pun kini tengah melaju di Liga Champions. Skuad arahan Stefano Pioli tersebut berhasil lolos ke semifinal.

Baca Juga:
Bawa Timnas Basket Indonesia Sabet Emas, Kenapa Marques Bolden dan Derrick Michael Absen di SEA Games 2023?

AC Milan sebetulnya sempat tampil menjanjikan di awal musim dan jadi salah satu tim favorit juara. Namun, awal 2023 menjadi mimpi buruk di mana rentetan hasil negatif berdatangan.

Di pertandingan terbaru melawan AS Roma, Sabtu (29/4/2023) lalu, Milan harus puas bermain imbang 1-1 dengan Giallorossi di Stadio Olimpico.

Dengan tambahan satu angka, kini posisi AC Milan melorot ke urutan lima klasemen Liga Italia lewat koleksi 57 poin.

Baca Juga:
Borneo FC Datangkan Pemain Liga 2 Jebolan FC Bekasi City, Ini Sosoknya

Jumlah poin AC Milan sejatinya sama dengan Inter Milan yang berada di urutan empat, akan tetapi Rossoneri kalah saing dari segi produktivitas gol.

Kini musim 2022/23 tinggal menyisakan enam pertandingan, peluang AC Milan untuk finis di empat besar pun semakin sulit karena ketatnya persaingan.

Lantas, bagaimana skenario supaya AC Milan bisa finis di posisi empat besar?

Baca Juga:
5 Kiper Timnas Filipina yang Main di Luar Negeri, Satu di Indonesia

Skenario pertama tentunya adalah menyapu bersih sisa enam pertandingan dengan kemenangan. Raihan tiga poin di setiap laga akan memperbesar peluang Milan finis di peringkat empat besar.

Andai satu laga saja AC Milan gagal mendulang poin, mereka berpotensi kian jauh dan sulit memangkas jarak dengan Inter Milan atau AS Roma yang kini memiliki angka sama.

Dari enam sisa pertandingan, Milan terbilang punya jalan tak terlalu sulit. Cuma ada dua tim besar yang bakal dihadapi oleh Olivier Giroud dan kolega.

Baca Juga:
Macan Kemayoran Runner Up BRI Liga 1, Presiden Persija Jakarta Akui Puas dengan Kinerja Thomas Doll

AC Milan bakal menghadapi Lazio di pekan ke-34 pada Mei dan bakal bertandang ke markas Juventus pada pekan ke-37. 

Selain kemenangan yang jadi syarat utama, AC Milan juga harus bisa mendulang banyak gol di sisa enam pertandingan mereka.

Kondisi ini harus bisa diwujudkan mengingat Inter Milan punya produktivitas gol lebih baik. Seandainya Inter pun mampu menyapu bersih sisa laga mereka dengan kemenangan, maka penentuan empat besar bisa melalui produktivitas gol.

Saat ini Inter punya selisih gol kemasukan dan memasukkan yaitu 19 gol, sedangkan Milan 14 gol yang sama dengan AS Roma di peringkat keenam.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha