Irwan Febri Rialdi
Pelatih Bali United FC Stefano Cugurra menjawab pertanyaan jurnalis saat jumpa pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (24/6/2022) usai pertandingan antara Bali United melawan Kedah Darul Aman FC. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Gol.bolatimes.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco, mengusulkan kepada operator kompetisi untuk menggelar Piala Presiden dan Piala Indonesia guna menyiasati opsi perubahan komposisi pemain asing untuk musim depan.

“Lebih baik ada banyak pertandingan buat ada kesempatan lebih untuk para pemain. Selain itu, suporter dan tim juga memiliki kesempatan meraih piala di beberapa kompetisi yang terlaksana tersebut,” kata Stefano Cugurra melalui laman resmi di Denpasar, Senin.

Ada pun laga terdekat adalah babak play off antara Bali United melawan PSM Makassar yang boleh menggunakan lima pemain internasional plus satu pemain Asia (5+1 pemain asing) dibandingkan dengan musim sebelumnya yang hanya 3+1 pemain asing.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja di Laga Pamungkas Grup A SEA Games 2023

Rencana penambahan pemain asing itu menyesuaikan dengan regulasi AFC dan Liga I agar bisa lebih bersaing di kompetisi kancah Asia

Rencana penambahan kuota pemain asing itu, lanjut dia, berpotensi mengurangi jumlah kuota pemain lokal dalam tim karena keterbatasan pemain setiap klub yang berkompetisi.

Untuk itu, pelatih asal Brasil tersebut mengatakan jika ada penambahan kompetisi maka para pemain lokal yang tergerus oleh kehadiran pemain asing memiliki kesempatan bermain di lapangan.

Baca Juga:
5 Negara Tersingkir Awal di SEA Games 2023, Terbaru Malaysia

Ada pun musim sebelumnya, kata dia, setiap klub di Liga I hanya menjalankan dua kompetisi Liga I dan Piala Presiden sebagai ajang pramusim awal musim.

Menurut dia, Indonesia masih kekurangan kompetisi bola sehingga ia mengusulkan ada tambahan kompetisi yakni Piala Indonesia sehingga total akan ada tiga kompetisi.

Ada pun kompetisi Piala Indonesia pernah diselenggarakan pada musim 2018/2019.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja, Fajar Fathur Rahman Akui Ada Tekanan

“Lebih bagus ada Piala Presiden, Liga I sama Piala Indonesia karena banyak negara lain punya minimal tiga kompetisi yang terlaksana,” tambah mantan arsitek Persija Jakarta itu.

Sementara itu, menjelang latihan perdana tim Serdadu Tridatu itu dijadwalkan pada 15 Mei 2023, Bali United belum mengumumkan pemain yang melanjutkan kontrak dan pemain baru dalam skuad.

Latihan perdana itu untuk menghadapi pertandingan melawan PSM Makassar pada Juni 2023 untuk menentukan wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2023-2024.

Baca Juga:
Potret Mewah Ruang Ganti Timnas Kamboja di SEA Games 2023, Kursi Kondangan Mendadak Hilang dari Peredaran

Ada pun pasukan Coach Teco ini akan menyongsong dua kompetisi besar Liga 1 2023/2024 dan kompetisi di Asia.

(Antara)