Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menggigit medali emas SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri sempat kena prank wasit di laga final SEA Games 2023 melawan Thailand, Selasa (16/5/2023). Dikira sudah menang, tapi pengadil lapangan ternyata memberikan peluit untuk pelanggaran.

Indra Sjafri beserta oficial timnas Indonesia U-22 sempat melakukan selebrasi di ujung babak kedua. Namun ternyata, wasit tidak meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, tapi memberikan pelanggaran terhadap Thailand.

Mendengar bunyi peluit, Indra Sjafri lari ke dalam lapangan dan menunjukkan gesture semringah. Akan tetapi, ia harus kembali ke bench karena pertandingan belum selesai.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Tampil Apik Kalahkan Thailand di Final SEA Games 2023

Kala itu, Garuda Muda sedang unggul 2-1 atas Thailand. Sayangnya, ketika wasit melanjutkan pertandingan, anak asuh Issara Sritaro malah bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

"Karena waktu sudah habis dan saya pikir peluit itu sudah berakhir. Saya begitu saking gembiranya saya masuk ke lapangan. Ini dramatis sekali," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers usai pertandingan.

Indra Sjafri membuat Rizky Ridho dan kawan-kawan tetap berada di jalur yang tepat. Ia menguatkan mental bermain hingga pada akhirnya dua gol diciptakan tim Merah Putih saat perpanjangan waktu sekaligus memastikan kemenangan 5-2.

Baca Juga:
Viral Jonatan Khemdee Lempar Medali Perak usai Dihajar Timnas Indonesia U-22, Auto Dirujak Netizen

"Dalam keadaan kritis seperti itu, saya hanya bicara ke pemain tetap fokus, sabar dan kompak, jalankan apa yang kita minta," terang Indra Sjafri.

"Di mana saya minta main, jangan pernah ada beri kesempatan kepada lawan utk berkembang lagi. Tadi ada sekitar 10-15 menit mereka berkembang dan akhirnya mereka mengejar menjadi 2-2. Tapi setelah itu kita memenangkan pertandingan," imbuhnya.

Pada akhirnya timnas Indonesia U-22 bisa senyum lebar kala peluit panjang dibunyikan. Kemenangan 5-2 membawa Garuda Muda merengkuh medali emas yang sudah ditunggu-tunggu selama 32 tahun.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand di Final SEA Games 2023