Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Arak-arakan Timnas U-22 usai Meraih Emas di SEA Games 2023. (Suara.com/ Reihan)

Gol.bolatimes.com - PSSI buka suara mengapa arak-arakan juara Timnas Indonesia U-22 di sebagian ruas jalan Jakarta digelar pada Jumat (19/5/2023) pagi WIB, sehingga menyebabkan macet  untuk para pekerja yang berkantor di kawasan Jalan Gatot Subroto dan Jalan Jederal Sudirman.

Tak sedikit yang heran mengapa tak hari Minggu saja. Namun, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga langsung memberikan penjelasan.

Ia mengatakan para pemain Timnas Indonesia sudah harus pulang ke daerah masing-masing pada Jumat sore. Sehingga arak-arakan Timnas Indonesia digelar saat hari kerja, Jumat pagi ini.

Baca Juga:
5 Potret Menggemaskan Malita, Gadis Cantik Kamboja yang Digeniti Marselino Ferdinan

"Pemain-pemain ini semua sudah harus pulang hari Sabtu atau Jumat sore ke kampung halamannya masing-masing. Seperti kita ketahui, mereka ini sudah satu setengah bulan tidak pulang," jelas Arya.

"Bahkan Idul Fitri kemarin pun mereka ikut TC jadi tidak pulang. Jadi mereka kita sudah janjikan jauh-jauh hari bahwa setelah pulang dari Kamboja mereka akan langsung pulang. Makanya kita buat acaranya ini hari Jumat," pungkasnya.

PSSI pun minta maaf atas kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Baca Juga:
Kini Giliran Shin Tae-yong, 2 Even Besar yang Menanti Timnas Indonesia Senior

Seperti diketahui, PSSI berencana menggelar arak-arakan untuk Timnas Indonesia U-22 yang sukses mendapat medali emas SEA Games 2023. Konvoi rencananya berlangsung, Jumat (19/5/2023) pagi.

Rute yang akan dilalui Rizky Ridho dan kawan-kawan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta ke Bundaran Hotel Indonesia (HI), lalu kembali ke titik awal.

Adapun jalur yang dilalui rombongan Garuda Muda terbilang sibuk di jam-jam tersebut. Oleh karena itu, ada potensi masyarakat terganggu mobilitasnya terutama bagi mereka yang ingin bekerja.

Baca Juga:
Jonathan Khemdee Ingin Pensiun dari Timnas usai SEA Games 2023, Ini Reaksi Ketum PSSI-nya Thailand

Araka-arakan juara SEA Games 2023 sudah digelar, Jumat (19/5/2023) pagi WIB. Sebanyak 14 cabang olahraga (cabor) yang mendapat prestasi ikut pawai ini.

Arak-arakan dimulai dari depan Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Menteri Dito Ariotedjo.

Namun, untuk Timnas Indonesia U-22 tidak ikut dalam acara tersebut. Tim asuhan Indra Sjafri beserta rombongan menunggu di sepan gedung Kemenpora.

Baca Juga:
Pemain Jepang Disorot Netizen, Selamati Pratama Arhan yang Raih Medali Emas SEA Games 2023 Pakai Bahasa Indonesia

"Bapak Erick Thohir (ketum PSS) mengatakan di depan sudah menunggu tim bola, karena ternyata massa sudah mem-blok. Kalau turun bisa chaos. Jadi kita bersama-sama dengan cabor yang hadir akan menyapa masyarakat Indonesia," kata Dito saat memberikan sambutan.

Adapun Rizky Ridho dan kawan-kawan menaiki bus Trans Jakarta atap terbuka. Ini berbeda dengan cabor lainnya yang menaiki Bandros alias Bandung Bus On Tur.

Kelihatan beberapa cabor meramaikan arak-arakan yaitu basket, E-Sports, Tenis, Akuatik dan lain-lain. Mereka adalah yang meraih medali.

Arak-arakan atau Kirab Juara Kontingen Indonesia pasca SEA Games 2023 akan menuju jalan Jenderal Gatot Subroto, Jenderal Sudirman, Bundaran Hotel Indonesia, jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di SUGBK.

Massa pun memang sangat antusias menyambut para pahlawan olahraga nasional. Pantauan Suara.com, sejak pagi pukul 07.00 WIB mereka sudah padati kawasan Senayan.